5 Cara Supaya Cepat Tidur Malam Lelap dan Menyembuhkan Insomnia secara Alami

5 Cara Supaya Cepat Tidur Malam Lelap dan Menyembuhkan Insomnia secara Alami

Bisa tidur malam dengan lelap adalah dambaan banyak orang, terlebih bagi mereka yang siklus tidurnya terganggu atau sering mengalami gangguan tidur sehingga sangat sulit untuk tertidur dengan lelap di malam hari. Tidur di malam hari sangatlah penting bagi kesehatan tubuh maupun mental, karena ketika beristirahat di malam hari semua bagian tubuh akan mengembalikan kondisi seperti semula setelah seharian lelah beraktifitas. Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kondisi tubuh anda di pagi hari, semakin baik kualitas tidur anda maka akan semakin bugar tubuh anda di pagi hari begitu juga sebaliknya.

5 Cara Supaya Cepat Tidur Malam Lelap dan Menyembuhkan Insomnia secara Alami

Di zaman sekarang banyak penduduk yang memiliki mobilitas yang tingggi sehingga memaksa mereka bekerja atau beraktifitas denga lebih keras dan juga jam aktifitas yang lebih lama, bahkan banyak para pekerja yang sering pulang larut malam karena hal ini sehingga menyebabkan banyak dari mereka sering mengalami gangguan tidur.

Namun bagi anda yang sudah mengalami susah tidur tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk membuat anda bisa cepat tertidur di malam hari. Diantaranya adalah.

1. Merapihkan dan Membersihkan Tempat Tidur

Tempat tidur yang bersih dan rapih akan membuat anda nyaman dan rileks saat akan memulai untuk tidur. Bersihkan seprai minimal seminggu sekali, selain itu menjemur bantal juga sangat penting untuk menghilangkan bau dan debu debu halus yang menempel, anda juga bias menambahkan pewangi saat mencuci seprai agar tempat tidur bias lebih terasa nyaman.

2. Matikan TV dan Ponsel

Sebelum anda tidur matikan tv dan ponsel untuk mengurangi kemungkinan terpecahnya perhatian, karena saat sudah ada di atas tempat tidur adalah waktunya untuk anda memejamkan mata dan tertidur. Jika masih ada TV atau ponsel yang menyala akan membuat perhatian anda beralih untuk menonton TV dan memainkan ponsel yang akan berlanjut pada terjaga sepanjang malam.

3. Mematikan Lampu

Suasana kamar yang gelap akan membuat anda merasa lebih nyaman dan akan membuat otak lebih bisa dengan mudah mengeluarkan hormone melatonin. Namun bagi anda yang phobia gelap anda bisa gunakan lampu tidur atau juga dengan penutup mata agar anda tetap bisa merasakan tidur dengan kondisi yang gelap.

4. Membasuh Kaki dan Berwudhu

Mencuci kaki sebelum tidur memang sangat ampuh membuat tenang kondisi saraf yan tegang setelah seharian bekerja , karena menurut para ahli banyak saraf saraf penting yang berada di kaki sehingga membasuh kaki sebelum tidur sagat berguna bagi anda yang ingin tidur cepat. Selain mencuci kaki anda juga bisa berwudhu untuk membuat stress anda hilang dan membuat anda lebih siap tertidur.

5. Berdoa SebelumTidur

Berdoa sebelum tidur merupakan anjuran Nabi, berdoa sebelum tidur akan membuat hati tenang dan tubuh terasa rileks. Selain itu berdoa sebelum tidur juga bisa menjauhkan kita dari mimpi buruk yang kadang bisa membuat kita terbangun di tengah malam.

Susah Tidur atau orang banyak juga yang menyebutnya dengan Insomnia, namun sebenarnya Insomnia adalah sebutan untuk gabungan dari gejala gejala gangguan tidur, dan susah tidur malam dengan lelap adalah salah satunya. Insomnia sendiri secara garis besar dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Insomnia Temporer, Insomnia Akut, dan Insomnia Kronis.

Orang yang terkena insomnia sebaiknya segera disembuhkan karena walaupun Insomnia bukan penyakit tapi Insomnia bisa menjadi penybab timbulnya penyakit karena tubuh terlalu lelah dan kurangnya istirahat. Anda bisa gunakan obat tidur yang banyak dijual-jual di took obat, atau jika bagi anda yang takut ketergantungan anda bisa juga menyembuhkan Insomnia secara alami. Bahan-bahan yang bisa dipakai untik obat insomnia antara lain:

1. Susu Putih

Sifat susu putih yang menenangkan bisa membuat anda sembuh dari Insomnia, Konsumsi susu putih setiap hari sebelum tidur akan membantu anda mengatasi insomnia.

2. Pala dan Madu

Pala yang ditumbuk lalu diseduh denagn air hangat dan ditambah madu akan menjadi obat alami untuk menyembuhkan insomnia.

3. Bawang Putih

Konsumsi 2-3 butir bawang putih sebelum tidur juga bisa membantu anda menghilangkan insomnia

4. Akar Bunga Melati

Air rebusan dari akar bunga melati adalah salah satu obat yang ampuh untuk para pengidap insomnia.

5. Daun Lemon

Buat ramuan dari daun lemon yang sudah dikeringkan lalu seduh dengan air hangat dan tambahan madu juga bisa dijadikan obat untuk insomnia yang alami.

6. Daun Kopi Muda

Kopi memang terkenal sebagai buah yang bisa membuat sulit tertidur namun daun kopi yang masih muda ternyata bisa menyembuhkan insomnia.

7. Bunga Adas

7 gram bunga adas yang direbus lalu disaring airnya dan diminum air rebusannya dapat membantu anda menghilangkan insomnia.

8. Akupuntur

Pijat akupuntur bisa menghilangkan stress sehingga baik untuk anda yang mengalami insomnia.

9. Olahraga

Olahraga sama seperti pijat akupuntur untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh menjadi santai dan rileks.

10. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan Alkohol dapat menambah parah kondisi insomnia anda jadi berhntilah merokok dan minum minuman yang beralkohol bagi anda yang mengalami insomnia.

Jika Cara-cara di atas belum berhasil jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya. Pada dsarnya setiap manusia pasti pernah atau mengalami gangguan tidur atau insomnia, namun jangan anda anggap sepele karena tidur dan istirahat di malam hari sangat penting untuk kondisi fisik dan mental kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

Insomnia, adalah suatu gangguan tidur dimana si penderita mengalami kesulitan untuk memulai dan mempertahankan jam tidur normal yang menyebabkan si penderita mengalami kualitas tidur yang buruk. Insomnia sendiri bukanlah penyakit melainkan suatu gejala dari kelainan yang dialami oleh tubuh sehingga otak sulit mereaksi keinginan tubuh untuk berisitirahat.

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

Secara keseluruhan insomnia dibagi menjadi 3 macam yang pertama Insomnia Temporer, lalu Insomnia Akut dan yang terakhir Insomnia Kronis. Yang saya akan bahas kali adalah Insomnia yang sangat umum dialami oleh kebanyakan orang yaitu Insomnia Akut, Insomnia Akut sendiri adalah jenis Insomnia yang hanya terjadi kurang dari satu bulan, insomnia ini biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tertidur meskipun tubuh sudah sangat lelah, atau juga ketika kita sering terbangun di tengah malam dan tak bisa tidur kembali.

Ada beberapa faktor penyebab insomnia jeenis ini dan secara garis besar dibagi menjadi 3 faktor yaitu Faktor Biologis, Faktor Psikologis, dan Faktor Lingkungan.

Faktor Biologis, yang termasuk ke dalam faktor ini diantaranya:

  • Terlalu sering mengonsumsi Alkohol, dan Kafein
  • Masalah genetis (bawaan lahir)
  • Faktor usia, sebab menurut para ahli ketika seseorang mulai berumur ia akan mudah untuk mengalami insomnia
  • Mabuk udara (Jet lag)
  • Terkena Stroke atau Alzheimer
  • Dan Hormon yang dihasilkan wanita hamil atau menstruasi.

Faltor Psikologis, yang termasuk ke dalam faktor ini diantaranya:

  • Merasa Cemas, Takut, Paranoid
  • Adanya gangguan mental seperti Bipolar, Skizofrenia dan lain lain
  • Ketakutan akan Mengalami gangguan tidur seperti Mimpi buruk, Sleep paralys, ataupun Sleep walking
  • Tekanan karena urusan kantor atau sekolah
  • Rasa Khawatir, Stres, dan Depresi.

Faktor Lingkungan, yang ke termasuk dalam faktor ini diantaranya:

  • Biasa Bekerja sif malam
  • Lingkungan sekitar yang bising
  • Kamar yang kotor dan berantakan
  • Ruang tidur yang kurang nyaman

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab Insomnia anda juga harus mengetahui gejala gejala insomnia yang diantaranya adalah :

  1. Kesulitan untuk terpejam meskipun sudah sangat merasa kelelahan
  2. Tidak merasakan kesegaran saat bangun tidur
  3. Tubuh mudah lelah pada siang hari
  4. Mudah Emosi
  5. Mata Terlihat Merah
  6. Kepala terasa Pusing
  7. Mata Terasa Perih
  8. Sulit berkonsentrasi
  9. Mudah merasa ngantuk
  10. Kepala sering pusing di pagi hari.

Bagi anda penderita Insomnia Akut jangan khawatir karena ada banyak cara untuk membuat anda masih bisa tertidur saat malam dengan nyenyak, beberapa diantaranya akan saya Jelaskan di bawah ini :

1. Merilekskan tubuh dan Pikiran sebelum tidur

Pikiran dan tubuh yang rileks adalah kunci untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, satu jam sebelum pergi tidur buatlah tubuh dan pikiran anda tenang dengan menghentikan segala kegitan yang bisa membuat tubuh dan pikiran bekerja keras, duduklah bersantai di atas kasur atau di kursi santai, bila perlu mandi juga karena mandi juga bisa menghilangkan stress dan membuat tubuh segar. Jika tubuh dan pikiran sudah rileks akan sangat mudah bagi mata untuk terpejam.

2. Berhenti Memainkan gadget dan TV

Cahaya yang dipancarkan oleh TV dan gadget akan berpengaruh pada kemampuan otak untuk memproduksi hormone melatonin, sehingga tubuh sulit mengantuk. Selain itu Tv dan Gadget juga biasanya membuat perhatian kita terpusat pada konten konten hiburan di dalamnya sehingga lupa bahwa sudah saatnya tertidur. Bahkan belakangan ini anak anak dan remaja yang mengalami Insomnia Akut disebabkan oleh penggunaan gadget dan TV yang berlebihan.

3. Mematikan Lampu

Suasana gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah tidak ada lagi aktifitas yang harus dilakukan, sehingga dengan sendirinya akan mengeluarkan hormone melatonin dan membuat anda cepat untuk tertidur. Namun bagi anda yang takut atau tidak suka dengan kegelapan anda bisa gunakan lampu tidur dengan cahaya yang temaram agar suasana tetap nyaman.

4. Bersihkan dan Rapihkan Tempat Tidur

Sebelum anda tidur pastikan kondisi tempat tidur anda sudah bersih dan rapih, karena kondisi tempat tidur yang rapih dan bersih akan membuat anda merasa nyaman dan mudah untuk tertidur. Bersihkan kasur dari debu halus karena seringkali kita merasa terganggu oleh debu debu halus yang menempel pada kasur dan membuat sulit untuk tertidur.

5. Menggunakan Penutup Mata

Penutup mata berfungsi untuk memastikan jika sudah benar benar tidak ada cahaya yang masuk ke mata sehingga akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormone melatonin. Cara ini terbukti ampuh untuk banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur.

6. Melakukan Sedikit Gerakan Peregangan.

Melakukan gerakan peregangan sebelum tidur dapat membantu membuat rileks otot otot yang tegang setelah seharian bekerja, lakukan gerakan peregangan 10-15 menit agar anda bisa tertidur dengan cepat.

7. Mengatur Kondisi Kamar

Kondisi Kamar sangat berpengaruh juga untuk kualitas tidur seseorang, selain menjaganya tetap bersih anda juga harus mengatur suhu ruangan dan kebisingan di dalam kamar anda. Buat suhu kamar sejuk agar otak dapat rileks lalu matikan segala sesuatu yang bisa mengeluarkan suara karena seringkali kita terbangun oleh suara jam, kipas angin, Ac, ataupun ponsel. Jika anda masih merasa terganggu dengan suara suara di luar kamar, anda bisa menggunakan ear plug.

8. Melakukan Terapi Tekanan pada Telapak Kaki

Di dalam telapak kaki terdapat saraf saraf yang terhubung langsung ke otak sehingga melakukan sedikit tekanan pada telapak kaki dapat membuat otak terasa rileks. Caranya anda bisa berjalan jalan sekitar kamar atau memijatnya sendiri sekitar 5-10 menit sebelum tidur.

9. Minum Susu dan Sedikit Camilan

Susu hangat dapat membantu kita menenangkan tubuh dan pikiran, dibantu dengan sedikit makanan riingan akan membantu perut kita tetap terisi sehingga mengurangi kemungkinan terbangun tengah malam karena lapar.

10. Berwudhu dan Sholat

Saat berwudhu tubuh akan merasa segar dan nyaman lalu sholat dapat membantu pikiran anda lebih rileks dan tenang sehingga kombinasi ini dapat membantu kita untuk cepat tidur. Selain itu berwudhu dan sholat merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW. Jadi sangat patut kita lakukan.

Selain dengan cara cara di atas anda juga bisa mengatasi Insomnia Akut dengan beberapa cara berikut ini:

  • Relaksasi
  • Pijat Akupuntur
  • Berolahraga
  • Melakukan Seks sebelum tidur
  • Mengonsumsi makanan yang membuat otak mudah memproduksi melatonin
  • Tidur dengan posisi yang nyaman
  • Hindari tidur siang selama mengalami Insomnia Akut.

Demikian Ulasan Saya mengenai cara cepat untuk tidur nyenyak bagi para pengidap Insomnia Akut, jangan ragu juga untuk berkonsultasi ke dokter jika belum lekas sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

Insomia adalah suatu gangguan yang dialami seseorang saat hendak pergi tidur, biasanya orang yang mengalami insomnia hanya akan berbaring dengan keadaan terjaga sepanjang malam. Insomnia walaupun bukan suatu penyakit namun dapat memicu timbulnya beberapa penyakit karena insomnia membuat seseorang kekurangan waktu tidur, dan saat seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup itu akan membuat tubuh mudah lelah serta fikiran tidak fokus sehingga membuat kesehatan juga bisa terganggu dan memicu munculnya beberapa penyakit.

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

Gejala awal penderita Insomnia biasanya terasa pusing, sakit di sekitar leher dan perubahan emosi yang ekstrim (moodswing) seperti mudah emosi, sedih dan lain lain. Secara umum Insomnia dibagi menjadi dua yaitu Insomnia akut dan Insomnia Kronis.

Insomnia Akut

Biasanya Insomnia ini disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi sehingga membuat tubuh sulit tertidur pada malam hari. Insomnia akut biasanya hanya berlangsung selama berminggu minggu dengan frekuensi yang tidak terlalu sering.

Insomnia Kronis

Penyebab Insomnia ini biasanya berupa penyakit serius seperti Kanker, Ginjal, Diabetes dan sebagainya sehingga membuat si pebderita sulit tidur. Insomnia ini sangat berbahaya dan harus segera disembuhkan karena insomnia jenis ini bisa berlangsung selama berbulan bulan.

Bagi anda penderita insomnia akut karena ada banyak cara untuk mengatasi insomnia anda dengan mudah, dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan insomnia akut.

1. Kurangi Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Bagi anda penyuka kopi mungkin anda harus mengurangi kebiasaan anda minum kopi karena kopi mengandung kafein dan membuat anda sulit tertidur. Selain kopi alcohol dan nikotin juga bisa membuat anda sulit tertidur untuk itu jauhi hal hal tersebut agar bisa membuat anda sembuh dari insomnia.

2. Tidur Lebih Awal

Anda bisa tidur lebih awal untuk mengatur ulang pola tidur anda, namun terkadang untuk orang jaman sekarang yang memiliki mobilitas tinggi mungkin sangat sulit untuk tidur lebih awal karena harus mengerjakan laporan atau lembur di kantor. Namun jika anda ingin mencobanya anda bisa ijin kepada atasan untuk pulang lebih awal dan beristirahat juga lebih awal.

3. Mengurangi Cahaya

Suasana gelap akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormon melatonin yaitu hormon yang membuat kita merasa kantuk, oleh sebab itu mematikan lampu saat pergi tidur dapat membantu anda mengurangi resiko insomnia. Namun bagi anda yang tidak suka gelap anda bisa gunakan lampu tidur dengan cahaya yang temaram.

4. Jangan Sering melihat kea rah Jam

Terlalu sering menatap jam akan menimbulkan rasa cemas karena merasa sudah jam sekian tapi tubuh belum juga tertidur, sehingga otak sulit mengeluarkan hormone melatonin. Rileks dan tetap tenang akan membantu anda cepat terpejam.

5. Menetralisir Suara

Hilangkan segala benda yang bisa mengeluarkan suara bising dari sekitar anda saat hendak pergi tidur jika masih kurang anda bisa menggunakan penutup telinga supaya benar benar tidak ada suara terdengar sehingga otak bisa terkonsen untuk mengeluarkan rasa kantuk.

6. Berkhayal

Pikirkan sesuatu yang bisa membuat anda senang contohnya liburan, naik gaji, bertemu orang yang anda sukai atau berkhayal anda menjadi seseorang yang penting bisa membuat otak dan tubuh lebih rileks dan cepat mengantuk.

7. Membasuh Muka dan Kaki

Membersihkan muka dan kaki dapat membuat tubuh terasa lebih bersih sehingga akan terasa lebih nyaman saat berada di atas tempat tidur.

8. Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi tidur yang benar akan mempengaruhi sulit atau tidaknya kita tertidur, seringkali kita terbangun di tengah malam karena posisi tidur yang salah dan membuat leher terasa sakit. Posisi tidur yang benar adalah tubuh menghadap kea rah kanan, selain berupa anjuran Nabi tidur dengan posisi ini juga mempunyai segudang manfaat menurut para peneliti.

9. Olahraga Rutin

Olahraga rutin juga bisa membuat kita terhindar dari resiko insomnia, karena berolahraga akan menambah jam aktifitas otomatis akan membuat tubuh butuh lebih banyak jam istirahat pula. Selain itu kondisi tubuh yang lelah sehabis olahraga juga bisa memuat lebih cepat mengantuk.

10. Perbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah aka membuat pikiran tenang, karena segala hal yang berhubungan dengan religi akan membuat jiwa raga seseorang lebih santai dan rileks sehingga dapat membantu menyembuhkan insomnia.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi insomnia, jika cara cara di atas belum berhasil anda juga bisa meminum obat tidur dengan anjuran dan resep dokter tentunya supaya usaha anda untuk menghilangkan insomnia lebih maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

10 Cara Tidur Cepat dan Nyenyak serta Solusi Insomnia Akut Alami

10 Cara Tidur Cepat dan Nyenyak serta Solusi Insomnia Akut Alami

Anda pasti sering mengalami susah tidur, biasanya yang terjadi saat susah tidur di malam hari anda hanya akan berbaring dengan mata terbuka ada juga biasanya kebanyakan orang berguling dan melakukan hal random di atas ranjang selama mengalami susah tidur. Sangat tidak nyaman memang disaat waktu istirahat tubuh malah tetap terjaga semalaman, hal ini juga bisa membuat kita kekurangan waktu istirahat dan merusak pola tidur kita, selain itu kurangnya jam tidur juga membuat tubuh akan sangat terasa lelah saat menjalani aktifitas di siang hari dan juga bisa mengakibatkan perubahan emosi yang tidak menentu.

10 Cara Tidur Cepat dan Nyenyak serta Solusi Insomnia Akut Alami

Namun anda tidak perlu cemas karena banyak cara yang bisa kita lakukan agar bisa tidur dengan cepat dan nyenyak sehingga anda tidak perlu khawatir akan mengalami susah tidur. Selain simple beberapa cara di bawah ini juga sangat mudah dilakukan di rumah. Intuk lebih jelasnya mari simak ulasan mengenai cara tidur cepat dan nyenyak.

1. Mematikan Lampu dan Alat Elektronik

Ketika seseorang ada di ruangan gelap itu akan membuat otak akan bereaksi dengan melepas hormon hormon yang mengatur rasa kantuk sehingga sangat dianjurkan untuk kalian yang susah tidur hindari ruangan terang dan buat kamar anda gelap, jika perlu matikan pula alat elektronik seperti televisi dan sebagainya. Usahakan juga jangan terlalu sering menatap ke arah jam karena bisa menimbulkan rasa cemas dan membuat anda makin sulit untuk terpejam.

2. Menghibur Diri

Satu jam sebelum tidur biasakan menghibur diri agar otot otot terasa rileks dan butuh istirahat. beberapa cara untuk menghibur diri seperti membaca buku, menulis sesuatu, bermain game, menonton acara televisi yang bersifat menghibur seperti acara komedi, atau menelpon orang tersayang merupakan beberapa cara agar diri kita terasa terhibur sebelum pergi tidur.

3. Membuat Suhu Kamar Nyaman

Membuat suhu kamar terasa nyaman juga bisa membuat kita cepat untuk tidur, bagi anda yang mudah merasa kepanasan coba buat kamar anda sejuk dengan ac atau kipas angin serta gunakan selimut yang tidak tebal, sedangkan untuk anda yang lebih suka suhu yang hangat buat kamar anda hangat dengan penghangat ruangan atau gunakan selimut yang tebal.

4. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat selama 20-30 menit sebelum tidur sangat baik untuk anda yang ingin cepat tidur, karena saat mandi tingkat stres akan menurun dan air hangat yang digunakan akan menstimulus otot otot yang stres menjadi lebih rileks juga, tambahkan juga minyak aroma terapi yang menenangkan agar lebih ampuh.

5. Mendengarkan Musik

Musik juga merupakan hal yang bisa membuat anda cepat merasa kantuk terlebih jika musik yang didengarkan adalah musik msuik yang berirama tenang. Selain musik yang berirama tenang, musik yang merupakan favorite kita juga ternyata bisa membuat kita lebih cepar untuk tidur.

6. Makan Camilan dan Minum Susu hangat

Susu hangat dan sedikit camilan juga bisa membantu kita untuk tertidur cepat. Karena saat perut kosong sangat sulit untuk tidur, maka dari itu isilah perut dengan sesuatu yang tidak terlalu berat dan hangat seperti camilan dan susu.

7. Melakukan Sedikit Peregangan

Sedikit peregangan bisa mengurangi ketegangan pada otot otot dan membuat tubuh menjadi lebih rileks, lakukan peregangan sekitar 10-20 menit sebelum tidur untuk mengurangi resiko sulit tidur, karena menurut para ahli saat tubuh merasa rileks akan membuat hormon melatonin lebih mudah diproduksi oleh otak.

8. Menggunakan Pakaian Tidur yang Nyaman

Piyama atau pakaian tidur yang nyaman juga bisa membuat tubuh merasa nyaman dan cepat utuk mengantuk. Gunakanlah pakaian dengan bahan yang tipis dan sejuk agar tubuh tidak terasa gerah dan nyaman.

9. Mengurangi Kebisingan dalam Kamar

Bagi anda yang tidak suka dengan suara bising, sebisa mungkin hindari memkai jam yang mengeluarkan bunyi serta ubah ponsel ke mode silent sehingga tidak ada suara suara yang menggangu. Jika itu masih kurang, gunakan ear plug agar suasana lebih terasa hening sehingga membuat otak berfikir tidak ada aktifitas lagi dan mengeluarkan hormon melatonin.

10. Minum Suplemen Tidur

Jika cara cara di atas belum ampuh anda bisa gunakan suplemen tidur untuk membantu anda tidur, usahakan gunakan suplemen tidur yang berbahan herbal untuk mengurangi efek samping, dan jangan terlalu sering juga menggunakannya untuk menghindari resiko ketergantungan.

Selain beberapa cara di atas ada juga cara untuk mengobati susah tidur atau orang lebih sering menyebutnya Insomnia Akut dengan bahan alami, beberapa diantaranya sangat mudah dan bisa kita temui bahannya disekitar kita yaitu:

  • Daun Putri Malu
  • Daun Kopi Muda
  • Biji Teratai
  • Akar Melati
  • Teh Oolong
  • Teh Chamomile
  • Madu
  • Pala
  • Bawang Putih
  • Daun Pegagan
  • Pisang
  • Bunga Adas
  • Jamur Kayu
  • Daun Lemon

Beberapa bahan di atas sangat mudah didapat dan terbukti sangat ampuh untuk mengobati Insomnia, beberapa suplemen tidur pun ada yang berbahan dasar salah satu dari bahan yang disebutkan di atas, jadi apa salahnya mencoba sesuatu yang alami selain lebih murah biasanya efek sampingnya juga sedikit bahkan tidak ada.

Demikian ulasan mengenai cara cepat tidur dan beberapa bahan alami yang bisa mengobati Insomnia akut. Jagalah pola tidur anda karena itu sangat penting tidak hanya untuk kesehatan tubuh tapi juga untuk kesehatan mental, dan jangan ragu juga untuk berkonsultasi kepada dokter. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

6 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

6 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Setelah melalui hari yang melelahkan, tidur adalah cara terbaik untuk menghilangkan lelah. Namun tidak semua orang dapat tidur dengan nyenyak meskipun badan sudah lelah, sangat mengantuk, dan hari sudah larut malam.

6 Cara Cepat Tidur Nyenyak di Malam Hari

Tidur nyenyak adalah kondisi tidur di mana seseorang dapat tidur dengan nyaman dan tenang. Tetapi banyak hal yang membuat tidur menjadi tidak nyenyak seperti:

  • Tempat tidur yang tidak nyaman
  • Suasana ruangan yang berisik
  • Stress dan kekhawatiran
  • Sakit atau nyeri (sakit gigi, infeksi telinga, atau nyut-nyut an akibat memar)
  • Gangguan tidur (insomnia)

Untuk dapat cepat tidur dengan nyenyak beberapa cara dapat dilakukan, diantaranya adalah:

1. Menggunakan obat tidur atau obat penenang

Obat tidur adalah solusi yang relatif sangat efektif dalam membantu masalah tidur yang tidak nyenyak. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, seperti:

  • Jangan sampai penggunaan obat tidur menjadi sebuah ketergantungan
  • hentikan penggunaan dan periksakan diri ke dokter jika terjadi ketergantungan

2. Menciptakan posisi tidur yang nyaman dan ergonomis

Penyebab tidak dapat tidur dengan nyenyak umumnya terjadi karena terganggu dengan hal-hal seperti alas tidur yang kurang nyaman. Misalnya kasur yang keras, bantal bau, atau air yang menetes dari langit-langit kamar. Untuk itu, beberapa hal ini dapat dilakukan:

  • mengganti alas tidur dan bantal dengan alas tidur dan bantal yang lebih nyaman
  • mengatasi gangguan seperti kebocoran atap
  • mencari posisi terbaik untuk tidur (semisal jika ingin tidur dalam posisi duduk di dalam bus)

3. Menciptakan suasana ruangan yang tenang

Salah satu penyebab tidak dapat tidur dengan nyenyak lainnya adalah kondisi ruangan yang memang mengganggu tidur seperti ruangan yang berisik, teman sekamar yang mengganggu, kamar tidur yang bau, dan kekhawatiran karena misalnya sedang menunggu telepon.

Untuk menciptakan suasana ruangan yang tenang, dapat dilakukan dengan:

  • mencari ruang tidur yang lebih hening atau tidak bau
  • menggunakan alat penutup telinga
  • menenangkan pikiran sebelum tidur dengan mandi, aroma terapik, atau meminum teh hangat

4. Mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit

Rasa nyut-nyut an akan sangat mengganggu kenyamanan, terutama kenyamanan untuk tidur. Untuk itu, agar dapat tidur dengan nyenyak, sebaiknya rasa nyut-nyut atau nyeri tersebut diredakan dengan cara:

  • mengkonsumsi obat penghilang rasa sakit seperti paracetamol dan ibuprofen
  • mengkompres bagian tubuh yang nyut-nyut an
  • meredakan nyeri dengan salap atau balsem hangat

5. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat membantu tidur lebih nyenyak

Banyak sekali makanan dan minuman yang dapat membantu membuat tidur lebih nyenyak, seperti:

  • rebusan 30 gram daun putri malu
  • rebusan teh bunga pala
  • rebusan akar melati
  • rebusan jamur kayu
  • rebusan daun pegagan
  • biji adas
  • madu
  • ekstrak kulit manggis
  • 2 potong bawang putih
  • biji teratai
  • susu segar
  • teh oolong dan teh hijau yang rendah kafein
  • dan sayur kangkung

Namun walaupun merupakan bahan-bahan yang mudah di dapat di alam, konsumsinya harus dalam taraf yang secukupnya. Karena penggunaan yang berlebihan dapat membuat syaraf otak mengalami efek relaksasi yang berlebihan sehingga badan menjadi ketagihan, mengantuk, ataupun keracunan.

6. Berolahraga

Olahraga dapat menenangkan pikiran, dan membantu otot-otot untuk lebih rileks. Dengan berolahraga minimal 10 menit sebelum tidur, tidur akan menjadi lebih cepat dan lebih nyenyak.

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu agar dapat cepat tidur dengan nyenyak.

7 Cara Agar Tidur Nyenyak Sampai Pagi Dan Mimpi Indah

7 Cara Agar Tidur Nyenyak Sampai Pagi Dan Mimpi Indah

Tidur nyenyak merupakan hal yang paling diinginkan semua orang. Apalagi mimpi indah. Bahkan hanya beberapa saja orang yang dapat merasakan tidur nyenyak dengan mimpi yang menyenangkan. Rutin mendapatkan tidur nyenyak ternyata dapat mempengaruhi daya tahan tubuh agar tetap sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur sangat rentan terkena beberapa penyakit, salah satunya adalah jantung. Ini sangatlah berbahaya bukan? Dan yang lebih mengganggu aktifitas sehari-hari adalah perasaan murung dan kurang bersemangat.

7 Cara Agar Tidur Nyenyak Sampai Pagi Dan Mimpi Indah

Kurangnya waktu tidur yang dimiliki biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti pulang yang terlalu larut, main game hingga tengah malam, dan lain sebagainnya. Hal tersebut ternyata bisa menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan tidur karena terlalu lelah. Nah…jika Anda juga mengalami hal serupa, sebaiknya cobalah cara alami berikut untuk membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak.

1. Rutin Mengganti Sprei

Tempat tidur yang nyaman akan semakin mempengaruhi kualitas tidur Anda. Salah satunya dengan mengganti sprei dan sarung bantal maupun guling secara rutin. Sprei yang sudah lama tidak diganti juga menyebabkan gatal-gatal pada tubuh sehingga tidak nyaman saat dipakai tidur. Untuk mengantisipasi hal seperti itu sebaiknya menggantinya minimal seminggu sekali.

2. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Saking sibuknya, terkadang orang tidak sempat melakukan olahraga. Kurangnya olahraga juga mengakibatkan susah tidur nyenyak pada malam hari. Meski beberapa orang menganggap ini tidak ada pengaruhnya, tapi mereka justru salah. Karena dengan olahraga secara teratur, kualitas tidur menjadi lebih baik.

3. Pilih Bantal Yang Tepat

Pemilihan bantal yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa sakit apda tulang punggung. Dan ini seringkali membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak. Sesuaikan bantal dengan posisi tidur, selain menghindari rasa sakit pada tulang punggung juga akan membuat kualitas Anda lebih nyenyak. Tidur malam yang nyenyak tentu akan membuat badan terasa lebih segar ketika bangun.

4. Menghindari Makanan Berlemak Menjelang Tidur

Banyak orang yang beranggapan bahwa saat tidur tidak boleh dalam keadaan perut kosong. Justru hal ini salah. Makan sebelum tidur hanya akan membuat anak terasa lelah karena sistem pencernaan yang terus bekerja “menggiling” makanan yang Anda konsumsi. Apalagi makanan berlemak karena dapat menyebabkan asam lambung naik jika dikonsumsi sebelum tidur.

5. Memakai Koas Kaki

Meski dianggap hal yang tabu, tapi pemakaian kaos kaki saat tidur dapat memberikan efek yang baik. Selain menjaga kesehatan tumit supaya tidak pecah-pecah, rutin menggunakan kaos kaki ketika tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyanyak. Kehangatan pada kaki memang sangat penting untuk mempengaruhi kenyamanan tidur seseorang. Cobalah untu memakai kaos kaki saat tidur dan rasakan perubahannya pada pola tidur.

6. Memikirkan Hal Yang Menyenangkan

Selalu berfikir positif dan memikirkan hal-hal yang menyenangkan dapat membantu kualitas tidur lebih baik. Seringkali masalah dalam kehidupan sehari-hari membuat kita stres dan susah tidur. Akan tetapi, cobalah lupakan sejenak pada malam hari. Pikirkan hal-hal yang hanya membuat Anda merasa senang sehingga lebih cepat untuk tidur.

7. Memasang Peredam Suara di Kamar Tidur

Suara-suara yang ada di luar rumah seringkali mengganggu, terlebih bagi Anda yang tinggal di pinggir jalan raya atau jalanan yang ramai. Untuk mengatasinya sangatlah mudah dengan memasang peredam suara di kamar. Cara ini akan membuat Anda terhindar dari kebisingan luar yang menjadi penyebab Anda sulit untuk tidur nyenyak. Dan hasilnya tidur Anda akan lebih berkualitas dan lebih segar saat bangun.

7 Cara Agar Mudah Tidur Pulas Pada Malam Hari Secara Alami

7 Cara Agar Mudah Tidur Pulas Pada Malam Hari Secara Alami

Seiring dengan banyaknya gaya hidup yang semakin modern ternyata dapat mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Bagaimana tidak? Dengan adanya gadget, orang akan lebih tertarik untuk bermain gadget hingga larut malam sehingga membuat waktu tidurnya terganggu. Padahal, tidur cukup sangatlah penting untuk menjaga daya tahan tubuh seseorang agar tetap prima. Bagi orang yang tinggal di kota-kota besar, biasanya memiliki waktu tidur yang kurang karena beberapa faktor, salah satunya adalah terlalu lelah. Tak dipungkiri, banyaknya pekerjaan seringkali membuat orang sulit untuk mengistirahatkan tubuh.

Tidur nyenyak pada malam hari juga menjadi pengaruh aktivitas keesokan harinya. Jika sudah begini pastinya Anda mencari berbagai cara agar memiliki kualitas tidur yang nyenyak pada malam hari. Adapun  berbagai cara alami yang dapat Anda coba dan sudah terbukti manjur sehingga badan terasa lebih segar saat malam hari. Kira-kira sapa saja sih? Yuk simak,

1. Hindari Makan Makanan Berat Sebelum Tidur

Makan berat hanya akan membuat tubuh terasa lelah karena sistem pencernaan yang terus bekerja mencerna makanan. Biasanya ini membuat Anda susah untuk tidur nyenyak. Apabila Anda merasa lapar pada malam hari sebaiknya hindari mengonsumsi makanan berat. Jenis makanan berat yang dikonsumsi tidak hanya menyebabkan kualitas tidur terganggu tetapi juga memberi efek yang tidak sehat bagi pencernaan.

2. Mengatur Waktu Tidur Secara Teratur

Beberapa orang mungkin merasa malas ketika mengatur waktu tidurnya sendiri. Tapi percayalah, ini sebenarnya sangat membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak. Anda harus memiliki catatan kapan Anda harus tidur. Misalnya, jika Anda setiap harinya tidur jam 10, maka hari berikutnya usahakan untuk tidur pukul 10. Dengan mencoba cara ini, maka tidur Anda akan lebih nyenyak.

3. Jangan Bekerja di Tempat Tidur

Walaupun ini sebenarnya sangat mengganggu waktu tidur, tapi beberapa orang masih melakukan hal ini. Membawa pekerjaan pulang dan dikerjakan di kamar. Tentu ini akan membuat Anda lebih fokus untuk mengerjakan pekerjaan dari pada tidur. Padahal merupakan waktui istirahat. Hal sepele seperti ini harus dihindari karena akan berdampak buruk pada kesehatan Anda.

4. Mandi Dengan Air Hangat

Anda ingin tidur nyenyak dengan cara yang mudah? Air hangat solusinya. Bekerja seharian dan bergelut dengan kemacetan seringkali berdampak pada tubuh dan kualitas tidur. Untuk mengatasinya, mandilah dengan menggunakan air hangat. Air hangat mampu memberikan efek yang menangkan dan meningkatkan kualitas tidur lebih baik.

5. Jauhkan Gadget Dari Kasur

Keberadaan gadget sekarang ini sudah menjadi “teman” bagi semua orang. Bahkan belum lengkap jika tidak ada gadget disampingnya. Tetapi, ini justru menjadi penyebab terganggunya kualitas tidur. Agar Anda dapat tidur lebih pulas pada malam hari, sebaiknya jauhkan handphone dari kasur. Tahanlah diri sendiri untuk tidak bermain gadget sebelum tidur. Anda bisa meletakannya di meja yang susah dijangkau dari kasur.

6. Mengindari Kafein

Minuman yang mengandung kafein seringkali menjadi teman setia bagi mereka yang suka begadang tanpa mempedulikan efek buruknya. Kafein mengandung zat yang dapat menyebabkan rasa gelisah dan membuat seseorang susah tidur. Agar Anda tidak mengalami masalah pada tidur, jangan mengonsumsi minuman yang mengandung kafein.

7. Pemakaian Aromaterapi

Aromaterapi mengandung zat yang dapat membantu menenangkan pikiran dan membuat tidur lebih nyenyak. Pilihlah aroma wangi yang menenangkan seperti jeruk ataupun lavender yang tak hanya mengharumkan kamar tetapi juga mengusir nyamuk.

8 Tips Cepat Tidur Malam Dan Terhindar Dari Banyak Pikiran

8 Tips Cepat Tidur Malam Dan Terhindar Dari Banyak Pikiran

Setiap orang pastinya memiliki kualitas tidur yang berbeda-beda. Hal ini bisa disebabkan karena beberapa hal, salah satunya adalah kebutuhan nutrisi yang tidak seimbang. Tidur malam yang nyenyak juga akan memberikan semangat serta kesegaran badan saat bangun pagi. Namun, bagi beberapa orang masih saja mengalami sulit tidur nyenyak pada malam hari lantaran banyak pikiran. Agar kualitas tidur lebih baik, sebaiknya kita harus bisa menjaga pikiran agar tetap stabil. Tanpa disadari, stres yang muncul dalam kehidupan sehari-hari dapat memicu seseorang untuk susah tidur pada malam hari.

8 Tips Cepat Tidur Malam Dan Terhindar Dari Banyak Pikiran

Sebenarnya ada banyak cara yang dilakukan agar terhindar dari pikiran negatif yang menganggu kualitas tidur. Akan tetapi orang malas melakukannya karena dianggap tidak membuahkan hasil. Lantas bagaimana bisa tau hasilnya jika tidak dicoba. Anda pastinya juga pernah mengalami hal semacam itu bukan? Berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar memiliki kualitas tidur yang yang lebih baik dan terhindar dari pikiran buruk.

1. Hindari Tidur Siang

Tidur siang merupakan salah satu penyebab seseorang susah tidur di malam hari. Jika Anda ingin lebih cepat tidur saat malam hari. Sebaiknya hindarilah tidur siang. Lakukan aktifitas lain yang tidak menyebabkan kantuk di siang hari.

2. Melakukan Meditasi

Menenangkan pikiran sangat penting dilakukan untuk membantu tidur lebih cepat. Caranya dapat Anda lakukan dengan mudah dan cukup diatas kasur. Duduklah dengan bersila kemudian tarik nafas panjang dan keluarkan pelan-pelan. Jauhkan pikiran-pikiran negatif selama melakukan meditasi agar hasilnya lebih terasa.

3. Menghindari Minuman Yang Mengandung Kafein dan Beralkohol

Tanpa disadari, minuman yang mengandung kafein seperti kopi ternyata menyebabkan gelisah dan sulit tidur, terlebih bagi mereka yang tidak terbiasa mengonsumsi kopi. Selain itu, hindari minuman yang mengandung alkohol karena dapat mengurangi kualitas tidur dan  membuat pikiran gelisah.

4. Hindari Makanan dan Minuman Manis

Untuk Anda yang menyukai makanan manis sebaiknya mulai mengurangi. Terlebih jika Anda memiliki masalah pada gangguan tidur. Walapun minuman manis dapat menambah energi, akan tetapi jangan terlalu banyak dalam mengonsumsinya.

5. Menata Tempat Tidur Senyaman Mungkin

Faktor utama yang menyebabkan orang susah tidur adalah suasana kamar yang kurang nyaman. Cobalah untuk menata tempat tidur agar lebih nyaman, selain itu tambahkan aroma terapi supaya lebih menenangkan. Sekarang iniu banyak dijual aroma terapi yang dapat memberikan ketenangan sehingga dapat membuat tidur lebih nyenyak dan pikiran lebih tenang.

6. Mengonsumsi Susu dan Coklat Hangat

Jika Anda termasuk orang yang sulit tidur pada malam hari, sebaiknya Anda mencoba minuman susu hangat ataupun coklat hanta sebelum tidur. Kandungan zat yang terdapat pada coklat memiliki efek yang menenangkan sehingga memudahkan Anda tidur lebih cepat. Selain coklat, Anda juga dapat mengonsumsi susu hangat sebelum tidur akan tubuh lebih hanta dan memudahkan untuk tidur lebih nyenyak.

7. Perbanyak Mengonsumsi Sayur dan Buah

Buah dan sayuran memang sangat penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Nutrisi yang cukup juga akan mempengaruhi kualitas tidur seseorang. Maka dari itu sebaiknya lebih banyak mengonsumsi buah dan sayur.

8. Mendengarkan Musik Yang Menenangkan

Musik memang menjadi teman setia ketika pikiran sedang dalam keadaan kacau sehingga menyebabkan seseorang susah tidur. Saat Anda susah tidur malam hari, cobalah untuk mendengarkan musik berirama lambat supaya dapat membantu menstimulasi otak. Aliran yang menenangkan dari musik dapat membuat kita tidur lebih cepat dan nyenyak sampai pagi.

6 Obat Penenang Alami Agar Tidur Nyenyak Bagi Penderita Insomnia

6 Obat Penenang Alami Agar Tidur Nyenyak Bagi Penderita Insomnia

Mengalami gangguan tidur atau insomnia seringkali memberikan efek yang buruk untuk tubuh. Jika tidak diatasi, hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh terganggu. Beberapa orang cenderung memilih menggunakan obat penenang untuk mengatasi insomnia. Akan tetapi,  pemakaian obat penenang dalam waktu yang lama akan mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan ketergantungan. Untuk itu sebaiknya pilih obat penenang yang alami supaya lebih aman.

6 Obat Penenang Alami Agar Tidur Nyenyak Bagi Penderita Insomnia

Jika Anda sangat peduli terhadap kesehatan, tentu akan memanfaatkan bahan-bahan sekitar untuk membantu mengatasi insomnia. Obat penenang alami sangat mudah dibuat dan lebih aman untuk mengatasi gangguan tidur. Anda pastinya penasaran seperti apa obat penenang alami yang dapat Anda konsumsi dengan aman bukan? Kalau begitu simak ulasan berikut,

1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memang memiliki berbagai khasiat sekaligus sering digunakan untuk pengobatan herbal yang aman. Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat penenang alami lho. Caranya cukup mudah, ambil satu siung bawang putih dan irislah keci-kecil, kemudian telan seperti Anda minum obat. Lakukan ini setiap akan tidur.

2. Bunga Adas

Bunga adas tentunya sangat mudah didapat. Anda bisa mencoba menggunakan bunga adas untuk mengatasi insomnia. Ambil bunga adas secukupnya, kira-kira7 gram saja. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih, dinginkan dan kemudian minumlah pada malam hari menjelang tidur. Selain aman dikonsumsi, bunga adas juga efektis mengatasi insomnia.

3. Susu Hangat

Bagi beberapa orang, susu hangat telah dijadikan sebagai “obat penenang” alami yang akan membuatnya lebih cepat terlelap. Agar kualitas tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar, ama solusi yang paling tepat adalah dengan mengonsumsi susu hangat setengah jam sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur akan membuat pikiran Anda lebih rileks sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

4. Teh Camomile

Tidak semua teh memiliki efek yang menenangkan seperti kandungan yang ada pada teh camomile. Teh camomile berbeda dengan teh lainnya. Zat cammomile membantu menenangkan pikiran sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kini tak perlu repot mencari camomile karena dapat ditemukan pada teh. Ya, teh camomile sekarang mudah didapatkan dan minumlah sebelum tidur agar kualitas tidur lebih baik.

5. Buah Yang Mengandung Metalonin

Buah yang memiliki kandungan metalonin tinggi dapat membuat tidur lebih nyenyak. Buah bermetalonin tinggi dapat ditemukan pada buah cherry dan pisang. Agar lebih segar, sebaiknya buat jus cherry dan minumlah secara rutin agar tidur lebih nyenyak. Selain itu, makan pisang setengah jam sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak, khususnya bagi penderita insomnia.

6. Buah Pala dan Madu

Khasiat buah pala memang sudah tidak diragukan lagi, salah satunya sebagai ramuan alami untuk orang yang menderita insomnia. Pembuatannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menumbuk buah pala hingga lembut, kemudian seduh dengan air panas. Campurkan madu sebelum meminumnya dan tidur Anda akan lebih nyenyak.

Apabila Anda masih mengalami gangguan tidur, sebaiknya Anda mencoba untuk minum Herba TDR. Herba TDR merupakan obat penenang alami yang memiliki kandungan temulawak dan dapat membuat tidur lebih nyenyak. Bahkan banyak penderita insomnia yang sudah membuktikan khasitanya. Anda tak perlu khawatir dengan efek samping karena Herba TDR sedah terbukti aman dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan Herba TDR, maka Anda tidak lagi bersahabat dengan insomnia.

5 Tips Agar Cepat Tidur Malam dan Nyenyak Serta Mengatasi Insomnia

5 Tips Agar Cepat Tidur Malam dan Nyenyak Serta Mengatasi Insomnia

Kualitas tidur saat malam hari yang baik bisa membuat Anda merasa segar keesokan harinya. Insomnia atau tidak berkualitasnya tidur malam sebenarnya sangat menganggu. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan jika kekurangan tidur yang berkaitan dengan menurunnya daya pikir serta memproses informasi. Jika melihat lebih jauh lagi, apabila insomnia ini dibiarkan begitu saja, bisa meningkatkan risiko dari serangan jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

Penyebab insomnia

5 Tips Agar Cepat Tidur Malam dan Nyenyak Serta Mengatasi Insomnia

Saat Anda mengalami insomnia, Anda harus mengetahui penyebabnya agar memudahkan Anda mengantisipasi kondisi ini. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan sulit tidur, antara lain:

  • Efek zat kimia. Bukannya menenangkan, namun kafein dan alkohol yang Anda konsumsi bisa membuat Anda terbangun di malam hari lebih sering dibandingkan dengan biasanya, selain itu mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala. Gangguan ini akan terasa lebih jelas ketika Anda terbangun dari tidur dan Anda merasa tidak segar,
  • Tidak dapat dipungkiri, permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan bisa membuat stress. Masalah semacam ini jika secara terus menerus berputar bisa menempati ruang di kepala dan membuat Anda memikirkannya. Anda bisa menjadi lebih lama terjaga hingga akhirnya sulit tidur,
  • Saat memasuki usia 40 tahun, umumnya muncul kencederungan perubahan pola tidur. Bila pada usia sebelumnya bisa tidur nyenyak sepanjang malam, mereka yang berusia 40 tahun ke atas malah mengalami kecenderungan beberapa kali terbangun saat malam hari. Semakin sering terbangun, Anda semakin tidak memperoleh kualitas tidur yang baik.

Sesudah mengetahui penyebabnya, dan Anda juga belum bisa memperoleh kualitas tidur yang baik. Berikut cara-cara yang bisa membuat tidur Anda menjadi nyenyak dan terbebas dari insomnia, antara lain:

Jangan berolahraga terlalu keras sebelum tidur

Olahraga yang keras atau berat sebelum tidur bagi sebagian orang memang bisa membuat tubuh menjadi segar hingga pada akhirnya butuh waktu lama untuk menenangkan diri. Agar bisa menghindari sulit tidur sesudah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang lebih menenangkan. Lakukan yoga, mandi air hangat atau mendengarkan musik.

Batasi tidur siang

Tidur siang juga menjadi dalang dari penyebab Anda kesulitan tidur di malam hari. Oleh sebab itu sangat disarankan menghindari dan membatasi jam tidur siang, jangan tidur siang lebih dari 25 menit. Untuk menghindari tidur siang, alihkan perhatian Anda dengan berjalan kaki, membaca buku, bersepeda atau melakukan kegiatan lainnya.

Hindari merokok dan kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membuat Anda menjadi sulit mengantuk. Jika Anda memaksakan untuk tidur, Anda dapat terbangun beberapa kali saat malam hari. Pada akhirnya akan membuat kualitas tidur Anda mengalami penurunan.

Hindari bekerja di kamar tidur

Jangan bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda menjadi lebih santai. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk melupakan pikiran-pikiran yang memiliki sangkut paut dengan pekerjaan, ujian atau deadline. Singkirkan laptop dari tempat tidur Anda, agar Anda tidak tergoda untuk online.

Buat jadwal tidur

Anda bisa membuat jadwal tidur untuk menciptakan body alarm. Lakukan saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Jangan lupa buat tempat tidur menjadi senyaman mungkin serta gunakan pencahayaan yang tidak terlalu terang agar tubuh bisa merasakan istirahat sepenuhnya. Untuk sekali dua kali, mungkin Anda akan kesulitan mengikuti jadwal tidur ini, namun setelah beberapa hari dengan sendirinya Anda akan terbiasa.