Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari dengan Obat Herbal Tradisional

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari dengan Obat Herbal Tradisional

Susah tidur di malam hari sering sekali dialami banyak orang, padahal tidur sendiri adalah hal yang sangat penting untuk tubuh. Biasanya yang dirasalan adalah mata sulit sekali terpejam meskipun tubuh sudah sangat lelah,atau tidur terasa tidak nyenyak, atau pula bias beberapa menit sekali terbangun sehingga menimbulkan kelelahan pada saat bangun di pagi hari.

Cara Mengatasi Susah Tidur di Malam Hari dengan Obat Herbal Tradisional

Banyak penyebab susah tidur di malam hari, entah itu karena penyakit, kondisi psikologi ataupun bisa timbul dari hal hal lain seperti kondisi lingkungan tempat kita tidur atau karena kebiasaan begadang di malam hari. Untuk lebih jelasnya saya akan mengulasnya di bawah ini.

Penyebab Susah Tidur di Malam Hari

1. Kebiasaan Tidur Siang

Kebiasaan tidur siang sebaiknya anda hindari saat anda kesulitan tidur di malam, hari karena tidur siang dapat membuat tubuh anda terasa bugar di malam hari yang seharusnya anda tertidur malah akan membuat anda terjaga sepanjang malam.

2. Kondisi Psikologi

Hal ini menjadi salah satu penyebab utama sulitnya seseorang tertidur di malam hari, karena kondisi psikologi sangat berpengaruh pada otak yg mengatur jumlah hormone melatonin. Biasanya penyebab terganggunya kondisi psikologi seseorang sehingga membuat sulit untuk ia tertidur adalah karena banyak masalah yg terjadi di kantor, kampus ataupun sekolah atau bias juga karena masalah lain seperti masalah keluarga dan lain lain, sehingga ia merasa stress, depresi, khawatir, cemas dan sebagainya yang berimbas sulit untuk bisa tertidur di malam hari.

3. Penyakit

Penyakit juga menjadi salah satu faktor penyebab sulit tidur di malam hari, banyak penyakit yang membuat kondisi tubuh tidak nyaman sehingga membuat sulit untuk tertidur. Selain karena tidak membuat tidak nyaman pada tubuh, penyakit yang dialami orang tua biasanya juga menimbulkan rasa khawatir dan cemas yang membuat si pengidap sulit untuk tertidur.

4. Lingkungan yang Tidak Nyaman

Lingkungan yang tak nyaman juga berpengaruh pada kualitas tidur seseorang, untuk kalian yang sulit untuuk tertidur sebaiknya buat lingkungan tidur anda senyaman mungkin dengan membuatnya temaram, bersih dan tenang. Rapihkan tempat tidur, bersihkan juga ruangannya agar anda lebih nyaman, saat tidur matikan lampu karena ruangan gelap bisa merangsang otak untuk memproduksi hormon melatonin yaitu hormon yang membuat kita mengantuk, yang terakhir usahakan jangan sampai ada suara suara mengganggu jika anda tidak bisa menghilangkan suara itu anda bisa gunakan ear plug.

5. Kurangi Konsumsi Kafein

Orang zaman sekarang sangat menggemari kopi tapi bagi anda yang sering sulit tidur malam sebaiknya kurangi kebiasaan anda meminum kopi, karena dalam kopi terdapat kafein yaitu zat yang membuat jantung lebih aktif sehingga akan membuat anda sulit tidur.

Sebenarnya Masih banyak penyebab susah tidur selain yang sudah saya sebutkan di atas, namun saya hanya menjelaskan beberapa yang umum dialami banyak orang saja. Bagi anda yang susah tidur jangan khawatir ada cara untuk menyembuhkan penyakit susah tidur ini, tidak dengan obat tidur namun dengan bahan herbal yang alami yang bisa anda buat sendiri di rumah. Beberapa diantaranya adalah.

Akar Melati

Selain bunganya yang indah dan memiliki bau yang khas, akar bunga melati ternyata memiliki kegunaan sebagai obat tidur yang alami. Sediakan ½ jengkal akar melati, lalu bersihkan kemudian tumbuk sampai halus, setelah itu seduh dengan air hangat, saring airnya kemudian anda bisa meminumnya selagi hangat.

Daun Kopi Muda

Jika biji kopi mengandung kafein yang membuat kita sulit tertidur, sebaliknya untuk daunnya. Daun Kopi yang masih muda ternyata memiliki khasiat untuk mengatasi gangguan tidur. Caranya anda bisa merebus satu genggam daun kopi yang masih muda lalu minum air rebusan itu.

Daun Lemon

Bauh lemon terkenal dengan kandungan vitamin c yang tinggi namun ternyata daun dari buah ini juga bisa bermanfaat bagi anda yang memiliki gangguan tidur. Caranya anda perlu keringkan beberapa lembat daun lemon yang sudah kering, lalu seduh dengan air hangat dan campurkan dengan sedikit madu . ramuan ini sangat ampuh mengatasi sulit tidur.

Daun Pegagan

Ramuan dengan campuran daun pegagan juga ternyata ampuh untuk mengatasi gangguan tidur. Ramuan itu terdiri dari Daun pegagan 2-3 lembar, Ketumbar ½ sendok makan, Kangkung, dan ½ sendok teh Jinten Putih yang semuanya direbus lalu air rebusannyalah yang anda minum.

Campuran Madu dan Biji Pala

Madu dan Pala juga sangat ampuh mengatasi gangguan tidur ringan ataupun berat, caranya anda hanya tinggal menumbuk buah pala dan mencampurnya dengan air hangat setelah itu bisa anda minum sehari 2 kali untuk hasil yang bagus,

Selain denagn menggunakan cara yang alami di atas anda juga bisa menggunakan cara-cara berikut ini untuk dapat mengatasi gangguan tidur yang anda alami:

  • Minum Susu sebeum Tidur
  • Pijat Akupuntur
  • Mencuci kaki sebelum tidur
  • Mendengarkan hmusik yang tenang
  • Makan buah bermelatonin seperti pisang, ceri dan lain lain.
  • Mandi air hangat sebelum tidur
  • Membaca atau menonton hal-hal yang menghibur
  • Beribadah
  • Atau jika sudah sangat parah anda bisa konsultasi ke dokter yang ahli dalam masalah ini.

Gunakan waktu tidur anda sebaik mungkin karena tidur adalah hal yang penting juga bagi kesehatan raga maupun mental anda. Banyak penyakit yang bisa timbul akibat dari kurang tidur. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

Tidak bisa Tidur Malam karena banyak Pikiran dan Solusinya

Tidak bisa Tidur Malam karena banyak Pikiran dan Solusinya

Tidak bisa tidur malam atau Insomnia merupakan suatu kondisi dimana pola tidur terganggu, yang mana seharusnya pada malam kita tertidur malah terjaga dan ketika siang hari yang seharusnya kita beraktifitas malah terasa mengantuk. Salah satu penyebab insomnia adalah terlalu banyak pikiran atau terlalu banyak hal yang difikirkan sehingga mata sulit sekali untuk terpejam, banyak hal seperti stress, depresi, cemas berlebihan, kekhawatiran, gugup, serta gaya hidup yang bisa membuat seseorang mengalami insomnia. Berikut ini saya akan mengulas beberapa penyebab insomnia yang berhubungan dengan terlalu banyak fikiran.

Tidak bisa Tidur Malam karena banyak Pikiran dan Solusinya

1. Gugup

Gugup adalah suatu perasaan dimana kita merasa tidak nyaman dan tertekan, gugup biasanya terjadi saat kita hendak melakukan hal-hal yang baru pertama kali kita lakukan seperti interview kerja, presentasi, berinteraksi dengan lawan jenis dan lain lain. Gugup sangat tidak baik untuk diri kita selain bisa membuat sulit tidur terlalu gugup juga bisa mengurangi kepercayaan diri and. Hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi gugup supaya tidak mengganggu jam tidur kita antara lain:

  • Menarik nafas dalam dalam
  • Berfikir positif
  • Jangan perdulikan apa yang dibicarakan orang tentang kita
  • Lalu tenangkan fikiran

2. Stress

Stres adalah suatu gangguan mental yang terjadi akibat tekanan yang timbul karena suatu kegagalan unruk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang dialami seseorang. Stress juga bisa membuat kita sulit untuk tidur karena membuat kondisi tidak nyaman pada otak yang berimbas pada kesulitan untuk tidur. Hal-hal yang bisa anda lakukan untuk mengurangi stress sebelum tidur diantaranya:

  • Menonton acara lawak atau komedi
  • Membaca komik atau buku yang bersifat menghibur
  • Melakukan sedikit olahraga agar tubuh terasa lelah
  • Minum banyak air putih

3. Depresi

Depresi adalah suatu kondisi lebih dari sedih, depresi merupakan perubahan emosi yang biasanya berlangsung lama yang mana jika tidak segera diatasi banyak hal negative yang akan timbul pada diri si pengidap. Penyebab depresi sendiri beragam biasanya karena kejadian kehilangan seperti kehilangan orang yang disayang, kehilangan harta, kehilangan harta dan masih banyak lagi, depresi juga bisa penyebab seseorang mengalami sulit tidur, beberapa cara agar anda bisa tetap tidur saat kondisi depresi antara lain:

  • Sebelum tidur coba ceritakan masalah pada orang terdekat seperti ayah/ibu
  • Berdoa juga mampu mengurangi tingkat depresi

4. Kecemasan

Kecemasan adalah suatu istilah yang dipakai untuk menggambarkan rasa takut, khawatir, dan cemas berkepanjangan yang membuat seseorang sulit menjalani kehidupan sehari sehari, ketika kecemasan mengganggu fikiran anda dan membuat anda sulit tertidur yang bisa dilakukan antara lain:

  • Kita juga bisa curhat sebelum pergi tidur
  • Minum banyak air putih
  • Menghibur diri sebelum pergi tidur.

5. Gaya Hidup

Gaya hidup juga bisa berpengaruh terhadap pola tidur seseorang kebiasaan tidur siang, bekerja sampai larut malam, atau mengerjakan tugas kuliah hingga tengah malam juga bisa membuat seseorang terganggu jam tidurnya. Beberapa hal yang bisa dilakukan adalah:

  • Hentikan kebiasaan tidur siang
  • Jangan terlalu memaksakan kerja hingga larut malam
  • Dengarkan musik santai agar bisa membuat rileks tubuh.

Di atas saya sudah memberikan beberapa tips untuk membuat kita bisa tetap tertidur dalam keadaan banyak fikiran, namun selain hal hal tersebut ada beberapa cara yang juga bisa kita coba untuk membuat kita bisa menghilangkan gangguan tidur diantaranya:

Mandi Setelah Beraktifitas

Mandi setelah seharian beraktifitas membuat tubuh kita terasa segar sehingga akan menimbulkan perasaan nyaman dan membuat kita cepat mengantuk

Bersantai Sejenak

Sebelum pergi tidur ada baiknya kita bersantai untuk membuat fikiran dan otot tubuh yang telah lelah bisa sedikit rileks

Membersihkan Kamar

Kamar yang nyaman juga bisa membuat kita lebih cepat mengantuk karena membuat keadaan menjadi nyaman

Mendengarkan Musik

Kebanyakan orang pasti memiliki lagu lagu favorite untuk penghantar tidur, maka cobalah nendengar musik musik berirama lambat yang menenangkan

Meminum Susu hangat

Susu hangat bisa membantu kita untuk tertidur karena senyawa kalsium dalam susu dapat mengatur hormone Melatonine yang berfungsi untuk mengatur tidur.

Demikian Beberapa Ulasan mengenai Penyebab sulit tidur karena terlalu banyak fikiran dan beberapa cara untuk mengatasinya, saya harap artikel ini bisa membantu anda yang mengalami gangguan tidur. Jangan Kebiasaan mengonsumsi obat tidur jika kita masih bisa mengatasinya dengan cara cara yang alami.

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Insomnia adalah susah tidur atau tidak bisa tidur meskipun hari sudah sangat malam dan anda sudah sangat lelah. Insomnia dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Tidak dapat tidur meski badan sudah sangat mengantuk
  2. Tidak dapat tidur karena merasa badan masih tetap segar dan berenergi

Namun apapun jenisnya, insomnia dapat mengakibatkan gangguan pada sistem syaraf tubuh yang mengakibatkan munculnya halusinasi maupun rasa ngantuk berkepanjangan. Oleh sebab itu insomnia harus diatasi dengan cara yang tepat.

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Jika berbicara cara yang tepat untuk mengatasi insomnia akut, maka pilihannya hanya satu:

“Menggunakan cara-cara alami dan aman untuk menghilangkan insomnia”

Banyak sekali obat tidur yang dijual di pasaran (apotik), baik obat yang memang dikhususkan sebagai obat tidur, maupun obat flu dan demam yang menyebabkan kantuk sehingga digunakan sebagai obat tidur.

Beberapa obat yang penggunaannya salah tersebut antara lain CTM dan obat flu yang memiliki efek samping mengantuk. Penggunaan obat-obat an secara asal dapat menyebabkan masalah pada syaraf yang justru dapat menyebabkan insomnia yang lebih parah.

Maksud dari cara-cara alami adalah cara-cara yang tidak menggunakan obat-obatan kimiawi, namun hanya menggunakan:

1. Obat-obatan yang terbuat dari bahan herbal

Bahan-bahan herbal yang sering digunakan sebagai obat herbal antara lain:

Biji adas

Biji adas mengandung flavonoid dan stimastrol yang bersifat menenangkan syaraf dan membantu menghasilkan keinginan untuk tidur.

Daun putri malu

Daun putri malu mengandung melatonin yang bersifat menenangkan syaraf. Beberapa obat herbal mengambil ekstrak daun putri malu sebagai bahan utama obat tidur.

Bunga dan buah pala

Pala adalah tanaman yang paling sering dijadikan bahan utama obat tidur herbal. Ini karena pala mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh dan memiliki kandungan safrile dan elimicin yang merangsang keinginan tidur.

2. Makanan dan minuman alami seperti buah, tumbuhan, dan sayuran segar

Untuk yang mengalami insomnia, mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dapat membantu untuk tidur lebih mudah dan nyenyak. Beberapa sumber karbohidrat di antaranya adalah nasi, jagung, dan sagu. Tetapi konsumsi karbohidrat sebelum tidur dapat menimbulkan bertambahnya berat badan.

3. Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat mengatasi insomnia

Kegiatan yang bermanfaat mengatasi insomnia di antaranya adalah:

Berolahraga

ini karena olahraga dapat membantu merilekskan badan dan syaraf sehingga aliran darah lebih lancar dan tidurpun lebih lelap dan nyaman.

Aktif dalam kegiatan ibadah

Beberapa masalah insomnia terjadi karena masalah tekanan batin. Kegiatan keibadahan dapat membantu menghilangkan stress yang diakibatkan perasaan berdosa dan menyesal.

Setiap cara-cara yang disebut di atas relatif efektif membantu mengatasi insomnia. Namun untuk hasil yang lebih efektif harus dilakukan dengan cara:

  • Mengkombinasikan cara 1 dengan cara 2 dan 3 sehingga penyembuhan dapat lebih optimal
  • Melakukannya secara rutin dan berkelanjutan untuk hasil yang permanen
  • Menyertakan doa di dalam segala bentuk cara mengatasi susah tidur

Walaupun sudah menggunakan berbagai macam cara, kemungkinan insomnia akut untuk tidak dapat disembuhkan dengan cara biasa cukuplah tinggi. Oleh sebab itu, jika insomnia tetap terjadi, disarankan untuk memeriksakan ke dokter barang kali ada masalah-masalah yang perlu penanganan serius seperti:

  • Gangguan pada otak, syaraf, atau kelenjar
  • Pertanda ada masalah pada tubuh (kanker, pembengkakan jaringan, maupun masalah gula darah, dan kekurangan vitamin atau nutrisi)

Demikianlah cara alami untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia. Jika cara-cara di atas masih belum berhasil mengatasi insomnia, segera periksakan diri ke spesialis untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur karena Banyak Pikiran atau Stress

3 Cara Mengatasi Susah Tidur karena Banyak Pikiran atau Stress

Di zaman yang konon disebut zaman milenial ini, tekanan kerja dan jam belajar semakin tinggi. Tekanan tersebut tidak jarang dan pastinya akan menyebabkan banyak pikiran atau stress. Stress tersebut akan menimbulkan insomnia atau susah tidur.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur karena Banyak Pikiran atau Stress

Untuk mengatasi susah tidur ada banyak cara, namun cara mengatasinya akan dibagi menjadi 3 cara, yaitu:

  • Mengkonsumsi herbal yang dapat menyembuhkan insomnia
  • Melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan gejala insomnia
  • Menghindari hal-hal penyebab insomnia

1. Obat Herbal untuk Insomnia karena Stress

Banyak tanaman herbal yang dapat mengurangi atau menghilangkan stress baik sebagai obat, aromaterapi, maupun sebagai makanan dan minuman sehari-hari.

Beberapa tanaman herbal yang dapat menghilangkan stress diantaranya adalah:

  • Kangkung
    kangkung dikenal sebagai sub tanaman ganja di negara-negara maju seperti Amerika dan Inggris. Namun di Indonesia, kangkung adalah sayuran yang umum dikonsumsi karena kelezatannya. Kangkung sendiri memiliki efek sedatif atau menenangkan pikiran dan merangsang rasa ngantuk sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah susah tidur akibat stress.
  • Parfum aroma lavender
    Wangi bunga lavender memberikan ketenangan pikiran. Selain itu, aroma lavender mengandung zat yang membantu syaraf untuk lebih rileks sehingga dapat tidur dengan lebih nyenyak.
  • Bawang putih
    Bawang putih mampu memberikan rasa nyaman saat tertidur sehingga siapapun dapat tidur dengan nyaman dan lelap. Namun penggunaan bawang putih harus memperhatikan orang di sekitar karena bau bawang putih dapat mengganggu orang lain yang juga sedang berusaha untuk tidur.

2. Kegiatan yang Menghilangkan Stress Penyebab Insomnia

Banyak kegiatan yang dapat menghilangkan stress. Beberapa di antaranya adalah:

Berolahraga

Berolahraga dapat membantu menghilangkan insomnia yang diakibatkan stress, tekanan darah yang naik, dan gangguan syaraf.

Berolahraga adalah cara terbaik menghilangkan insomnia tanpa perlu mengkonsumsi makanan tertentu. Selain itu berolahraga juga membantu mencegah terjadinya serangan jantung dan membentuk tubuh.

Berdoa atau Beribadah

Dengan berserah kepada TUHAN, pikiran akan jadi jauh lebih rileks dan nyaman. Hal ini tentu akan membantu menghilangkan stress, tekanan batin, dan rasa khawatir yang menjadi penyebab mendasar terjadinya susah tidur atau insomnia.

Berlibur dan Mencari Tempat yang Nyaman dan Hening

Banyak tempat yang memberikan fasilitas ruangan yang nyaman dan bebas gangguan. Di tempat seperti itu, stress akan jauh lebih berkurang dan insomnia akan menghilang. Namun harus ditekankan untuk tidak membawa pekerjaan, atau masalah pribadi saat berlibur yang dapat mengalihkan tujuan utama berlibur.

Yoga

Yoga atau senam dapat menenangkan pikiran sehingga pikiran dapat lebih ringan, rileks, dan tanpa tekanan. Selain itu, gerakan-gerakan pada yoga membantu melancarkan peredaran darah dan syaraf. Semua hal itu menjadikan yoga salah satu alternatif kegiatan yang memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia.

3. Hindari Berbagai Penyebab Stress dan Insomnia

Banyak kegiatan yang justru dapat menyebabkan stress dan insomnia. Oleh sebab itu, kegiatan berikut harus dihindari:

Mengkonsumsi minuman beralkohol

Dengan tujuan menghilangkan stress, banyak orang mengkonsumsi alkohol sebelum tidur. Namun sebenarnya alkohol dapat menyebabkan insomnia karena:

  • Alkohol dapat merusak syaraf yang merangsang tubuh untuk tidur
  • Tidur terganggu sebab konsumsi alkohol menyebabkan ingin buang air saat sedang tidur

Itulah 3 cara mengatasi sulit tidur yang diakibatkan rasa stress atau banyak pikiran. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari cara untuk menghilangkan stress dan insomnia.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

Susah tidur atau insomnia terjadi karena berbagai sebab. Ada yang disebabkan stress, gangguan pada sistem syaraf, efek penggunaan obat-obat an, maupun sebab-sebab lain yang secara medis belum dapat dijelaskan dengan baik.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

Apapun penyebab insomnia, ada beberapa solusi diketahui cukup ampuh untuk mengatasi insomnia. Solusi tersebut dibagi menjadi 5 yaitu:

  1. Solusi dengan penggunaan obat-obat an modern
  2. Solusi dengan penggunaan obat-obat an tradisional
  3. Solusi dengan mengkonsumsi makanan
  4. Solusi dengan mengkonsumsi minuman tertentu
  5. Solusi dengan melakukan “senam” tidur

Apapun pilihan solusinya, insomnia hanya dapat diatasi dan disembuhkan jika dilakukan secara rutin, tepat dan dilakukan dengan cara-cara yang aman.

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memiliki sejarah dan budaya yang panjang memiliki beberapa cara tradisional untuk mengatasi masalah insomnia. Diantaranya adalah:

1. Membuat Obat Tidur Herbal

Ternyata obat tidur yang ampuh tidak harus dibeli di apotik. Nenek moyang Indonesia sejak zaman dahulu sudah mengenal insomnia dan memilliki cara mengatasinya yaitu dengan menyeduh tanaman-tanaman herbal seperti:

a. Daun Putri Malu

Putri malu mengandung melatonin yang bersifat sedatif atau menimbulkan rasa tenang pada syaraf. Efektifitas putri malu sangatlah baik sehingga tidak disarankan untuk digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak karena dapat menimbulkan efek seperti tidur kebablasan, dan keracunan.

Daun putri malu tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengganggu kesehatan janin.

Untuk membuat obat tidur dengan bahan daun putri malu tidaklah terlalu sulit:

  • siapkan daun putri malu sekitar 30 gram
  • rebus daun putri malu ke dalam 2 gelas air
  • rebus dalam api sedang hingga air tersisa sekitar 1 gelas
  • saring air dari daun putri malu
  • minum segelas air tersebut hingga habis kira-kira setengah jam sebelum tidur.

b. Kulit Manggis

Kulit manggis ternyata tidak hanya membantu merawat kulit namun juga membantu merangsang tubuh untuk cepat tidur dan terlelap. Cara penggunaan kulit manggis dapat ditumbuk hingga halus dan dicampurkan dengan tepung makanan untuk menggoreng pisang atau ikan.

2. Melakukan Olahraga

Agar dapat tidur dengan nyenyak, nenek moyang bangsa Indonesia akan merileks kan badannya dengan cara melakukan olahraga ringan beberapa jam sebelum tidur atau dengan kata lain berolahraga saat sore hari. Olahraga yang dapat dilakukan sore hari di zaman sekarang di antaranya:

  • jalan-jalan sore atau bersepeda mengeliling komplek perumahan
  • bermain futsal atau basket
  • jogging
  • mengikuti les bela diri maupun les renang

3. Menghindari Mengkonsumsi Makanan Tertentu Sebelum Tidur

Salah satu penyebab sulit tidur adalah karena ada makanan yang dikonsumsi padahal makanan tersebut sangat tidak cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur. Orang-orang zaman dahulu sudah tahu hal ini sehingga agar dapat tidur dengan nyenyak mereka sangat melarang mengkonsumsi makanan seperti:

a. Kopi dan Teh serta minuman lain yang mengandung kafein

Kopi dan teh mengandung kafein yang dapat memaksa tubuh untuk tetap terjaga. Oleh sebab itu, cara paling mudah agar dapat tertidur dengan nyenyak adalah dengan menghindari kafein. Selain kafein, kandungan gula dan taurin pada minuman berenergi modern sangat tidak baik bagi kepulasan tidur.

b. Memakan makanan dan minuman apapun dalam jumlah berlebihan

Mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kurang nyaman sehingga tidur akan terganggu ketika sedang tidur tiba-tiba ingin ke kamar kecil.

Apa Penyebab Susah Tidur Malam atau Insomnia pada Remaja dan Dewasa

Apa Penyebab Susah Tidur Malam atau Insomnia pada Remaja dan Dewasa

Insomnia adalah suatu keadaan dimana seseorang mengalami gangguan tidur atau pola tidur yang tidak lazim sehingga menyebabkan kualitas tidur orang tersebut terganggu. Saat seseorang mengalami insomnia ia sangat kesulitan untuk memulai atau mempertahankan tidurnya sehingga jam tidurnya menjadi terganggu dan berbeda dengan jam tidur orang normal lainnya.

Apa Penyebab Susah Tidur Malam Pada atau Insomnia pada Remaja dan Dewasa

Pengidap insomnia biasanya dalam sehari hanya tidur selama 2-3 jam bahkan menurut beberapa orang yang menderita insomnia mengatakan bahwa dirinya hanya tidur 5 jam dalam kurun 4 hari. Insomnia sendiri bukanlah penyakit namun membiarkan insomnia berlarut larut dapat membuat penyakit penyakit lain yang berhubungan dengan fisik maupun mental bisa timbul.

Gejala insomnia biasanya ditandai dengan munculnya gangguan gangguan fungsional yang berhubungan fisik ataupun mental seperti sakit kepala, tubuh lemas, mudah lelah, berhalusinasi, mudah tersinggung dan lain lain. Insomnia sendiri terjadi akibat suatu perasaan gelisah yang timbul karena hal hal yang mengganggu pikiran, sehingga si pengidap insomnia biasanya saat malam hari hanya berbaring di atas ranjangnya tanpa tertidur sehingga ia akan merasakan kelelahan yang sangat luar biasa pada siang hari ketika beraktifitas.

Ada dua jenis Insomnia berdasarkan waktu terjadinya, pertama ada yang disebut insomnia Akut dan Insomnia Kronis. Insomnia kronis adalah insomnia yang terjadi dalam waktu yang singkat dan waktu terjadinya tak menentu tergantung tingkat stress seseorang, insomnia ini pula yang umumnya dialami banyak remaja dan orang dewasa. Sedangkan Insomnia Kronis adalah insomnia yang terjadi dalam waktu yang lama bisa berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan, hal ini biasanya karena penyakit atau gangguan mental.

Penyebab Insomnia

Penyebab Insomnia sendiri dibagi menjadi dua faktor yaitu Faktor Psikologis dan Faktor Lingkungan.

1. Faktor Psikologis

Faktor ini adalah factor yang paling sering dialami oleh para penderita insomnia. Faktor ini meliputi gangguan mental, tingkat stress dan depresi yang diantaranya:

  • Masalah Percintaan
  • Masalah Keluarga
  • Salah paham dengan Sahabat
  • Terkena PHK
  • Masalah Pekerjaan yang menumpuk
  • Tugas kuliah yang menumpuk
  • Bullying
  • Dan masih banyak lagi

2. Faktor Lingkungan

Faktor Lingkungan biasanya berhubungan dengan tempat tinggal si penderita insomnia entah itu kotor atau bising seperti hal-hal berikut ini:

  • Lingkungan yang bising
  • Kamar yang kotor
  • Lingkungan yang merupakan tempat criminal
  • Dan lain lain.

Selain Hal-hal yang disebutkan di atas masih ada lagi penyebab Insomnia yang harus anda ketahui, yaitu:

  • Penggunaan Obat obatan
  • Terlalu banyak mengonsumsi kafeine
  • Menglami Jet lag
  • Bekerja sift malam sehingga pola tidur terganggu
  • Bekerja lembur hingga larut malam
  • Penyakit Kronis seperti Kanker, Ginjal, dan Diabetes
  • Kurang olahraga
  • Pola makan tidak teratur
  • Zat nikotin dan alcohol
  • Usia lanjut
  • Dan factor keturunan.

Setelah memberikan sedikit penjelasan mengenai penyebab penyebab terjadinya insomnia saya juiga akan memberi beberapa tips agar anda tidak mengalami insomnia, diantaranya adalah:

  1. Bersihkan diri seperti cuci kaki sebelum pergi tidur akan membuat anda Nyman dan mudah untuk tertidur
  2. Minimalisir suara dengan mengunci pintu dan jendela jika bisa gunakan ear plug agar benar benar tidak ada suara
  3. Minum segelas susu hangat untuk bisa membuat anda tenang
  4. Bersihkan kamar juga, karena akan sangat mengganggu jika kamar dalam kondisi yang berantakan
  5. Selesaikan urusan sekolah/kerja sebelum pergi tidur agar tidak mengganggu pikiran
  6. Berdoa sebelum tidur
  7. Mengurangi cahaya , usahakan hanya ada cahay temaram di dalam kamar agar semua indera kita juga ikut berisitirahat

Jangan anggap remeh insomnia karena tidur da istirahat juga merupakan  salah satu komponen untuk memiliki kondisi tubuh yang sehat dan segar bugar, dan semua itu tidak akan kita dapat apabila kita mengalami insomnia. Oleh karena itu jaga pola tidur kita agar kualitas tidur kita tetap terjaga dan kita dapat mendapatkan tubuh yang sehat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak Di Malam Hari Berhari-hari dan Solusinya

Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak Di Malam Hari Berhari-hari dan Solusinya

Insomnia merupakan kondisi ketika seseorang mengalami sulit tidur atau tidak dapat tidur cukup lama sesuai waktu yang diperlukan tubuh walaupun ia mempunyai kesempatan untuk tidur. Hal ini menyebabkan kondisi tubuh penderita insomnia tida fit untuk melakukan aktivitas di keesokan harinya. Tidur adalah keadaan tidak sadar yang terjadi alami agar tubuh dapat beristirahat. Ketika tidur, tubuh akan melalui siklus bergantian antara tidur gerakan mata cepat (REM atau Rapid Eye Movement) serta tidur non gerakan mata cepat atau (non REM).

Penyebab Tidak Bisa Tidur Nyenyak Di Malam Hari Berhari-hari dan Solusinya

Anda mungkin akan melalui 4 hingga 5 siklus dalam satu malam. Satu siklus tidur berlangsung selama 90 menit, mulai dari 4 tahap tidur non-REM dan dilanjutkan dengan tidur REM, pada masa ini proses bunga tidur atau yang lebih sering disebut dengan mimpi dibentuk. Penelitian membuktikan jika angka insomnia di negara berkembang seperti Indonesia mencapai 150 juita kasus tahun 2010. Indonesia memiliki kasus insomnia yang termasuk sedikit yaitu 3,9% pria dan 4,6% wanita.

Gejala insomnia

Sulit menentukan ukuran tidur normal karena adanya kebutuhan jam tidur yang berbeda untuk setiap orang. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup, usia, pola makan dan lingkungan. Gejala dari insomnia yang umum terjadi seperti tidak bisa tidur siang walaupun tubuh merasa lelah, sulit berkonsentrasi saat bekerja, bahkan Anda merasa uring-uringan tanpa mengetahui apa yang menjadi penyebabnya.

Penyebab insomnia

Ada berbagai faktor yang menyebabkan insomnia pada akhirnya berujung pada kondisi susah tidur dalam waktu yang cukup lama mulai dari gaya hidup, masalah kenyamanan di dalam kamar, masalah kesehatan fisik, hingga gangguan psikologi.

Saat Anda memeriksakan diri ke dokter, ada beberapa hal yang akan ditanyakan oleh dokter untuk mencari tahu penyebab insomnia Anda. Pertanyaan yang sering diberikan dokter seperti rutinitas tidur Anda, gaya hidup, porsi melakukan olahraga, hingga riwayat kesehatan yang Anda derita. Dokter juga meminta Anda membuat catatan harian tidur. Langkah ini bisa membantu dokter untuk memahami pola tidur serta mengukur tingkat keparahan dari insomnia Anda.

Obat insomnia

Obat tidur seringnya hanya digunakan oleh dokter sebagai pilihan terakhir, yakni saat insomnia sudah tidak dapat diatasi dengan perubahan pola hidup serta terapi kognitif. Obat tidur biasanya diresepkan dengan dosis yang rendah dan sesingkat mungkin. Jadi, penggunaan obat tidur hanya bersifat sementara. Dokter biasanya enggan meresepkan obat tidur dalam jangka panjang, karena hal tersebut tetap tidak bisa mengatasi penyebab dasar dari insomnia.

Bila penderita insomnia tidak bisa tertidur dengan lelap karena merasa cemas, dokter akan meresepkan golongan obat penenang agar penderita menjadi merasa lebih rileks dan bisa tidur dengan lelap. Sebenarnya, obat-obat kimia bisa menyebabkan ketergantungan dan reaksi kantuk obat bisa berlanjut hingga keesokan hari, apalagi pada orang tua.

Sehingga, jika Anda ingin tetap bisa tidur dengan nyenyak tanpa mengalami ketergantungan pada obat, Anda dapat mencoba Herba TDR. Suplemen khusus ini bisa Anda gunakan untuk mengatasi berbagai keluhan tidur mulai dari kualitas tidur yang buruk, insomnia dan gangguan tidur yang lainnya. Dalam Herba TDR ini mempunyai 3 jenis bahan herbal yang memiliki manfaat luar biasa sebagai penyembuh insomnia. Kandungan tersebut seperti temulawak, pala dan pegagan. Jadi, saat Anda mempunyai keluhan tidak bisa tidur dengan nyenyak, Anda bisa menggunakan Herba TDR ini sebagai solusinya.

Solusi Sulit Tidur Di Malam Hari Menggunakan 6 Herbal Tradisional

Solusi Sulit Tidur Di Malam Hari Menggunakan 6 Herbal Tradisional

Apakah Anda sering mengalami sulit tidur? Saat mengalami kesulitan tidur, banyak orang yang mengambil jalan pintas menggunakan berbagai obat bahan kimia agar dapat terlelap dengan nyenyak di malam hari. Padahal, terdapat studi yang mengemukakan jika orang-orang yang menggunakan bantuan obat tidur ini memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker atau meninggal cepat. Mengapa Anda tidak mencoba cara-cara yang aman?

Solusi Sulit Tidur Di Malam Hari Menggunakan 6 Herbal Tradisional

Saat Anda kesulitan tidur, Anda bisa mecoba untuk mengkonsumsi beberapa makanan berikut ini sebelum memasuki waktu tidur.

Pisang atau kacang

Pisang tinggi dengan kandungan magnesium serta mineral yang bisa membantu sel-sel otot di tubuh menjadi lebih rileks. Begitu pula dengan sumber magnesium lain seperti kacang-kacangan apalagi almond, kacang tanah dan kacang mete. Tetapi dalam dosis tertentu, bisa membuat seseorang mengalami rasa kantuk.

Nasi

Ketika Anda sulit tidur, Anda bisa mencoba makan nasi sebelum tidur. Jika sudah kenyang dan tidak melakukan aktivitas apapun, nasi bisa menyebabkan kita merasa mengantuk.

Semangkuk sereal

Kalsium dan magnesium dari susu yang dipadukan dengan magnesium dan karbohidrat dari sereal dapat membuat Anda menjadi lekas mengantuk. Pilih sereal yang memiliki kandungan sedikit gula sehingga tidak akan menyebabkan kadar gula darah yang berlebihan.

Setengah porsi sandwich kalkun

Pilih roti gandum yang utuh serta kaya dengan kandungan karbohidrat kompleks serta magnesium, jangan lupa tambahkan daging kalkun sebagai sumber trytophan agar bisa memperoleh tidur yang nyenyak.

Teh herbal

Teh herbal mempunyai efek sedatif. Efek ini akan menenangkan Anda. Anda dapat menambahkan sesendok teh madu, madu memiliki kandungan trytophan.

Biskuit gandum dan selai kacang

Paduan ini adalah paduan yang sempurna yakni paduan dari karbohidrat dan trytophan sehingga membuat Anda tidur dengan sangat nyaman.

Selain berbagai makanan di atas, berikut berbagai macam makanan lain yang bisa Anda coba:

  • Tambahkan madu di segelas susu hangat Anda, atau teh herbal sebelum tidur. Cara ini bisa menurunkan kadar glukosa orexin yang meningkatkan kewaspadaan,
  • Gandum memiliki kandungan melatonin yang cukup besar. Melatonin sendiri adalah hormon yang bisa membantu mengontrol siklus tidur. Bila Anda memerlukan makanan ringan sebelum tidur, ambil oatmeal atau kue dari gandum,
  • Segelas susu hangat bisa memberi Anda waktu tidur yang baik. Susu adalah sumber trytophan yang menginduksi tidur serta kandungan kalsium dari susu mempunyai efek kuat asam amino,
  • Kacang polong. Vitamin B sudah lama digunakan mengobati insomnia serta membantu meringankan kecemasan dan stress. Bila Anda sedang mencari vitamin B kompleks alami, coba kacang karena memiliki kandungan vitamin B.

Jika Anda ingin menggunakan cara lain yang terbukti ampuh, Anda bisa mencoba suplemen Herba TDR. Suplemen ini merupakan suplemen khusus untuk mengatasi berbagai keluhan tidur mulai dari insomnia hingga kualitas tidur buruk. Sehingga, bila Anda mempunyai keluhan tidur yang cukup serius, lebih baik gunakan Herba TDR.

Herba TDR memiliki 3 jenis bahan yang berasal dari tanaman herbal. Kandungan tersebut seperti temulawak. Temulawak memiliki khasiat menyembuhkan dan mengobati insomnia. Ada juga kandungan biji pala, dalam biji pala terdapat kandungan yang memberikan efek penenang. Penenang alami ini bila dikonsumsi bisa menimbulkan rasa kantuk. Kandungan yang lain adalah pegagan. Pegagan sama seperti biji pala, daun pegagan mempunyai khasiat penenang alami. Sehingga bila sekarang Anda gemar mengkonsumsi obat penenang, lebih baik Anda memilih Herba TDR.