10 Cara Mengobati Insomnia Akut Secara Alami Dengan Bahan Tradisional

10 Cara Mengobati Insomnia Akut Secara Alami Dengan Bahan Tradisional

Insomnia Akut adalah salah satu dari tiga jenis insomnia. Insomnia Akut sendiri adalah sebuah gangguan tidur yang terjadi pada seseorang, dimana ia sulit untuk memulai untuk tertidur, mempertahankan tidur atau sering terbangun di malam hari sehingga menyebabkan gangguan fungsional saat bangun di pagi hari. Namun berbeda dengan Insomnia Kronis, Insomnia akut ini biasanya hanya berlangsung kurang dari 2 bulan.

10 Cara Mengobati Insomnia Akut Secara Alami Dengan Bahan Tradisional

Insomnia jenis ini tidak berbahaya namun juga tidak bisa kita anggap sepele, karena Insomnia akut bisa jadi juga sebuah masalah serius apabila tidak segera kita tangani. Penyebab Insomnia jenis ini juga umumnya adalah karena gangguan psikis dimana si pengidap sering merasa cemas, khawatir, stress, ataupun depresi. Sebelum saya memberitahu cara mengobati Insomnia Akut, saya akan terlebih dahulu memberitahu penyebab insomnia akut selain karena faktor psikis yang saya sudah jelaskan di atas dan juga beberapa gejalanya.

Penyebab Penyebab Timbulnya Insomnia Akut

1. Faktor Medis dan Biologis

Insomnia Akut juga ternyata bisa disebabkan oleh beberapa faktor medis dan biologis diantaranya adalah:

  • Usia Lanjut, menurut penelitian orang tua mudah terkena Insomnia daripada anak muda
  • Adanya gangguan otak seperti Alzheimer bahkan Stroke
  • Wanita hamil
  • Jet lag
  • Dan Penggunaan Alkohol, serta Narkotika

2. Faktor Psikis

Faktor psikis yang menyebabkan Insomnia antara lain:

  • Gangguan Mental Seperti Skizofrenia, Anxiety Disorder ataupun Bipolar
  • Ketakutan, Paranoid, Stres, Depresi, Kecemasan dan Tekanan Mental serta Emosional
  • Terlalu Banyak Beban Pikiran
  • Ketakutan pada fase tidur seperti Sleep Paralyses, Sleep walking, ataupun Bad Dream.

3. Faktor dari Luar

Faktor dari luar juga bisa menjadi penyebab timbulnya Insomnia, dan diantaranya adalah:

  • Lingkungan yang Kotor dan Bising
  • Pola tidur tak teratur
  • Kelelahan Fisik
  • Biasa Kerja di malam hari
  • Jam kerja berubah-ubah sehingga tubuh tidak bisa menyesuaikan diri.

Gejala Insomnia Akut

  • Merasa kurang bugar saat bangun tidur di pagi hari, tubuh terasa lelah dan seperti tidak merasa habis tertidur
  • Sangat sulit memejamkan mata saat malam hari padahal tubuh sudah sangat lelah, hal ini biasanya akan tgerjadi berminggu-minggu.
  • Terasa pusing di pagi hari
  • Merasakan kantuk yang hebat di siang hari
  • Tubuh terasa mudah letih
  • Mata terliohat merah
  • Emosional, dan kondisi mood tidak stabil.

Bagi anda yang mengidap Insomnia Akut tidak usah khawatir karena Insomnia akut bisa disembuhkan, Insomnia akut bisa disembuhkan dengan bantuan obat dari dokter ataupun anda juiga bisa membuat sendiri obat Insomnia Akut dengan bahan-bahan Tradisional yang alami dan mudah sekali di dapat.

1. Teh Chamomile

The kamomil sangat ampuh untuk mengobati Insomnia karena teh ini memiliki sifat menenangkan tubuh yang aman, sehingga sangat baik dikonsumsi untuk para pengidap Insomnia akut. Anda juga bisa menambahkan susu atau madu untuk rasa yang lebih enak.

2. Teh Oolong

Ambil ampas daun the oolong, lalu jemur. Setelah benar benar kering anda bisa menggunakannya sebagai bantal tidur. Aroma dari daun teh ini diyakini dapat menyembuhkan Insomnia.

3. Buah dan Sayur Bermelatonin

Melatonine adalah suatu senyawa yang mengatur siklus tidur seseorang. Mengonsumsi buah atau sayur bermelatonin dapat membantu menyembuhkan Insomnia Akut. Buah dan sayur yang mengandung Melatonin antara lain Pisang, Ceri, Ubi, Anggur, Kubis, Kacang kedelai, Tomat, Brokoli dan masih banyak lagi

4. Air Kelapa Murni

Air kelapa mengandung Potasium dan Magnesuim yang dapat membantu otot untuk lebih rileks, kandungan Vitamin B pada air kelapa juga dapat mengurangi stres jadi sangat baik untuk anda yang mengalami Insomnia.

5. Sereal

Sereal selain bisa menjadi sarapan juga ternyata bisa menjadi santapan malam hari yang bisa membantu menyembuhkan Insomnia. Karbohidrat kompleks yang menghasilkan Triptofan yang bisa menjadi perangsang efek tidur  adalah alas an kenapa serel bisa menjadi obat tidur yang alami.

6. Madu

Madu dapat membantu menyimpan glikogen di dalam hati, karena saat glikogen masih ada di dalam hati ini akan membuat  tubuh bisa mengatur tidur dengan baik, cukup minum madu setiap sebelum tidur untuk menghilangkan Insomnia anda.

7. Susu Putih Hangat

Susu memiliki efek penenang yang baik dan aman, kandungan kalsium dalam susu bisa membuat otak memproduksi melatonin yang berfungsi sebagai pengatur tidur bagi tubuh.

8. Smoothie Pisang

Untuk anda yang bosan dengan buah pisang , anda bisa membuat smoothie pisang sebagai opbat tidur alami. Blender Pisang dengan satu sendok mentega dan susu hangat. Smoothie pisang ini memiliki banyak kandungan yang baik bagi para pengidap Insomnia.

9. Jamur Kayu

Jamur kayu juga bisa digunakan Sebagai obat tidur alami caranya anda bisa merebus 5 gram jamur kayu, saring airnya, lalu minum air rebusannya selagi hangat.

10. Daun Lemon

Daun lemon yang sudah dikeringkan bisa anda haluskan lalu seduh dengan air hangat kemudian tambahkan madu. Ramuan ini juga bisa digunakan sebagai obat tidur yang alami.

Insomnia Akut sebenarnya sangat mudah disembuhkan asal kita merubah pola tidur dan menghilangkan kebiasaan buruk yang bisa menghambat kita untuk tertidur. Apabila anda merasa sangat sulit menyembuhkan Insomnia sendirian anda bisa berkonsultasi kepada dokter yang ahli dalam bidang ini. Semoga Artikel ini bermanfat bagi pembaca sekalian.

5 Cara Supaya Cepat Tidur Malam Lelap dan Menyembuhkan Insomnia secara Alami

5 Cara Supaya Cepat Tidur Malam Lelap dan Menyembuhkan Insomnia secara Alami

Bisa tidur malam dengan lelap adalah dambaan banyak orang, terlebih bagi mereka yang siklus tidurnya terganggu atau sering mengalami gangguan tidur sehingga sangat sulit untuk tertidur dengan lelap di malam hari. Tidur di malam hari sangatlah penting bagi kesehatan tubuh maupun mental, karena ketika beristirahat di malam hari semua bagian tubuh akan mengembalikan kondisi seperti semula setelah seharian lelah beraktifitas. Kualitas tidur yang baik akan mempengaruhi kondisi tubuh anda di pagi hari, semakin baik kualitas tidur anda maka akan semakin bugar tubuh anda di pagi hari begitu juga sebaliknya.

5 Cara Supaya Cepat Tidur Malam Lelap dan Menyembuhkan Insomnia secara Alami

Di zaman sekarang banyak penduduk yang memiliki mobilitas yang tingggi sehingga memaksa mereka bekerja atau beraktifitas denga lebih keras dan juga jam aktifitas yang lebih lama, bahkan banyak para pekerja yang sering pulang larut malam karena hal ini sehingga menyebabkan banyak dari mereka sering mengalami gangguan tidur.

Namun bagi anda yang sudah mengalami susah tidur tidak perlu khawatir karena ada banyak cara yang mudah dilakukan untuk membuat anda bisa cepat tertidur di malam hari. Diantaranya adalah.

1. Merapihkan dan Membersihkan Tempat Tidur

Tempat tidur yang bersih dan rapih akan membuat anda nyaman dan rileks saat akan memulai untuk tidur. Bersihkan seprai minimal seminggu sekali, selain itu menjemur bantal juga sangat penting untuk menghilangkan bau dan debu debu halus yang menempel, anda juga bias menambahkan pewangi saat mencuci seprai agar tempat tidur bias lebih terasa nyaman.

2. Matikan TV dan Ponsel

Sebelum anda tidur matikan tv dan ponsel untuk mengurangi kemungkinan terpecahnya perhatian, karena saat sudah ada di atas tempat tidur adalah waktunya untuk anda memejamkan mata dan tertidur. Jika masih ada TV atau ponsel yang menyala akan membuat perhatian anda beralih untuk menonton TV dan memainkan ponsel yang akan berlanjut pada terjaga sepanjang malam.

3. Mematikan Lampu

Suasana kamar yang gelap akan membuat anda merasa lebih nyaman dan akan membuat otak lebih bisa dengan mudah mengeluarkan hormone melatonin. Namun bagi anda yang phobia gelap anda bisa gunakan lampu tidur atau juga dengan penutup mata agar anda tetap bisa merasakan tidur dengan kondisi yang gelap.

4. Membasuh Kaki dan Berwudhu

Mencuci kaki sebelum tidur memang sangat ampuh membuat tenang kondisi saraf yan tegang setelah seharian bekerja , karena menurut para ahli banyak saraf saraf penting yang berada di kaki sehingga membasuh kaki sebelum tidur sagat berguna bagi anda yang ingin tidur cepat. Selain mencuci kaki anda juga bisa berwudhu untuk membuat stress anda hilang dan membuat anda lebih siap tertidur.

5. Berdoa SebelumTidur

Berdoa sebelum tidur merupakan anjuran Nabi, berdoa sebelum tidur akan membuat hati tenang dan tubuh terasa rileks. Selain itu berdoa sebelum tidur juga bisa menjauhkan kita dari mimpi buruk yang kadang bisa membuat kita terbangun di tengah malam.

Susah Tidur atau orang banyak juga yang menyebutnya dengan Insomnia, namun sebenarnya Insomnia adalah sebutan untuk gabungan dari gejala gejala gangguan tidur, dan susah tidur malam dengan lelap adalah salah satunya. Insomnia sendiri secara garis besar dibagi menjadi 3 jenis, yaitu Insomnia Temporer, Insomnia Akut, dan Insomnia Kronis.

Orang yang terkena insomnia sebaiknya segera disembuhkan karena walaupun Insomnia bukan penyakit tapi Insomnia bisa menjadi penybab timbulnya penyakit karena tubuh terlalu lelah dan kurangnya istirahat. Anda bisa gunakan obat tidur yang banyak dijual-jual di took obat, atau jika bagi anda yang takut ketergantungan anda bisa juga menyembuhkan Insomnia secara alami. Bahan-bahan yang bisa dipakai untik obat insomnia antara lain:

1. Susu Putih

Sifat susu putih yang menenangkan bisa membuat anda sembuh dari Insomnia, Konsumsi susu putih setiap hari sebelum tidur akan membantu anda mengatasi insomnia.

2. Pala dan Madu

Pala yang ditumbuk lalu diseduh denagn air hangat dan ditambah madu akan menjadi obat alami untuk menyembuhkan insomnia.

3. Bawang Putih

Konsumsi 2-3 butir bawang putih sebelum tidur juga bisa membantu anda menghilangkan insomnia

4. Akar Bunga Melati

Air rebusan dari akar bunga melati adalah salah satu obat yang ampuh untuk para pengidap insomnia.

5. Daun Lemon

Buat ramuan dari daun lemon yang sudah dikeringkan lalu seduh dengan air hangat dan tambahan madu juga bisa dijadikan obat untuk insomnia yang alami.

6. Daun Kopi Muda

Kopi memang terkenal sebagai buah yang bisa membuat sulit tertidur namun daun kopi yang masih muda ternyata bisa menyembuhkan insomnia.

7. Bunga Adas

7 gram bunga adas yang direbus lalu disaring airnya dan diminum air rebusannya dapat membantu anda menghilangkan insomnia.

8. Akupuntur

Pijat akupuntur bisa menghilangkan stress sehingga baik untuk anda yang mengalami insomnia.

9. Olahraga

Olahraga sama seperti pijat akupuntur untuk melancarkan peredaran darah dan membuat tubuh menjadi santai dan rileks.

10. Berhenti Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan Alkohol dapat menambah parah kondisi insomnia anda jadi berhntilah merokok dan minum minuman yang beralkohol bagi anda yang mengalami insomnia.

Jika Cara-cara di atas belum berhasil jangan ragu untuk berkonsultasi pada ahlinya. Pada dsarnya setiap manusia pasti pernah atau mengalami gangguan tidur atau insomnia, namun jangan anda anggap sepele karena tidur dan istirahat di malam hari sangat penting untuk kondisi fisik dan mental kita. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca.

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

Insomnia, adalah suatu gangguan tidur dimana si penderita mengalami kesulitan untuk memulai dan mempertahankan jam tidur normal yang menyebabkan si penderita mengalami kualitas tidur yang buruk. Insomnia sendiri bukanlah penyakit melainkan suatu gejala dari kelainan yang dialami oleh tubuh sehingga otak sulit mereaksi keinginan tubuh untuk berisitirahat.

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

Secara keseluruhan insomnia dibagi menjadi 3 macam yang pertama Insomnia Temporer, lalu Insomnia Akut dan yang terakhir Insomnia Kronis. Yang saya akan bahas kali adalah Insomnia yang sangat umum dialami oleh kebanyakan orang yaitu Insomnia Akut, Insomnia Akut sendiri adalah jenis Insomnia yang hanya terjadi kurang dari satu bulan, insomnia ini biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tertidur meskipun tubuh sudah sangat lelah, atau juga ketika kita sering terbangun di tengah malam dan tak bisa tidur kembali.

Ada beberapa faktor penyebab insomnia jeenis ini dan secara garis besar dibagi menjadi 3 faktor yaitu Faktor Biologis, Faktor Psikologis, dan Faktor Lingkungan.

Faktor Biologis, yang termasuk ke dalam faktor ini diantaranya:

  • Terlalu sering mengonsumsi Alkohol, dan Kafein
  • Masalah genetis (bawaan lahir)
  • Faktor usia, sebab menurut para ahli ketika seseorang mulai berumur ia akan mudah untuk mengalami insomnia
  • Mabuk udara (Jet lag)
  • Terkena Stroke atau Alzheimer
  • Dan Hormon yang dihasilkan wanita hamil atau menstruasi.

Faltor Psikologis, yang termasuk ke dalam faktor ini diantaranya:

  • Merasa Cemas, Takut, Paranoid
  • Adanya gangguan mental seperti Bipolar, Skizofrenia dan lain lain
  • Ketakutan akan Mengalami gangguan tidur seperti Mimpi buruk, Sleep paralys, ataupun Sleep walking
  • Tekanan karena urusan kantor atau sekolah
  • Rasa Khawatir, Stres, dan Depresi.

Faktor Lingkungan, yang ke termasuk dalam faktor ini diantaranya:

  • Biasa Bekerja sif malam
  • Lingkungan sekitar yang bising
  • Kamar yang kotor dan berantakan
  • Ruang tidur yang kurang nyaman

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab Insomnia anda juga harus mengetahui gejala gejala insomnia yang diantaranya adalah :

  1. Kesulitan untuk terpejam meskipun sudah sangat merasa kelelahan
  2. Tidak merasakan kesegaran saat bangun tidur
  3. Tubuh mudah lelah pada siang hari
  4. Mudah Emosi
  5. Mata Terlihat Merah
  6. Kepala terasa Pusing
  7. Mata Terasa Perih
  8. Sulit berkonsentrasi
  9. Mudah merasa ngantuk
  10. Kepala sering pusing di pagi hari.

Bagi anda penderita Insomnia Akut jangan khawatir karena ada banyak cara untuk membuat anda masih bisa tertidur saat malam dengan nyenyak, beberapa diantaranya akan saya Jelaskan di bawah ini :

1. Merilekskan tubuh dan Pikiran sebelum tidur

Pikiran dan tubuh yang rileks adalah kunci untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, satu jam sebelum pergi tidur buatlah tubuh dan pikiran anda tenang dengan menghentikan segala kegitan yang bisa membuat tubuh dan pikiran bekerja keras, duduklah bersantai di atas kasur atau di kursi santai, bila perlu mandi juga karena mandi juga bisa menghilangkan stress dan membuat tubuh segar. Jika tubuh dan pikiran sudah rileks akan sangat mudah bagi mata untuk terpejam.

2. Berhenti Memainkan gadget dan TV

Cahaya yang dipancarkan oleh TV dan gadget akan berpengaruh pada kemampuan otak untuk memproduksi hormone melatonin, sehingga tubuh sulit mengantuk. Selain itu Tv dan Gadget juga biasanya membuat perhatian kita terpusat pada konten konten hiburan di dalamnya sehingga lupa bahwa sudah saatnya tertidur. Bahkan belakangan ini anak anak dan remaja yang mengalami Insomnia Akut disebabkan oleh penggunaan gadget dan TV yang berlebihan.

3. Mematikan Lampu

Suasana gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah tidak ada lagi aktifitas yang harus dilakukan, sehingga dengan sendirinya akan mengeluarkan hormone melatonin dan membuat anda cepat untuk tertidur. Namun bagi anda yang takut atau tidak suka dengan kegelapan anda bisa gunakan lampu tidur dengan cahaya yang temaram agar suasana tetap nyaman.

4. Bersihkan dan Rapihkan Tempat Tidur

Sebelum anda tidur pastikan kondisi tempat tidur anda sudah bersih dan rapih, karena kondisi tempat tidur yang rapih dan bersih akan membuat anda merasa nyaman dan mudah untuk tertidur. Bersihkan kasur dari debu halus karena seringkali kita merasa terganggu oleh debu debu halus yang menempel pada kasur dan membuat sulit untuk tertidur.

5. Menggunakan Penutup Mata

Penutup mata berfungsi untuk memastikan jika sudah benar benar tidak ada cahaya yang masuk ke mata sehingga akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormone melatonin. Cara ini terbukti ampuh untuk banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur.

6. Melakukan Sedikit Gerakan Peregangan.

Melakukan gerakan peregangan sebelum tidur dapat membantu membuat rileks otot otot yang tegang setelah seharian bekerja, lakukan gerakan peregangan 10-15 menit agar anda bisa tertidur dengan cepat.

7. Mengatur Kondisi Kamar

Kondisi Kamar sangat berpengaruh juga untuk kualitas tidur seseorang, selain menjaganya tetap bersih anda juga harus mengatur suhu ruangan dan kebisingan di dalam kamar anda. Buat suhu kamar sejuk agar otak dapat rileks lalu matikan segala sesuatu yang bisa mengeluarkan suara karena seringkali kita terbangun oleh suara jam, kipas angin, Ac, ataupun ponsel. Jika anda masih merasa terganggu dengan suara suara di luar kamar, anda bisa menggunakan ear plug.

8. Melakukan Terapi Tekanan pada Telapak Kaki

Di dalam telapak kaki terdapat saraf saraf yang terhubung langsung ke otak sehingga melakukan sedikit tekanan pada telapak kaki dapat membuat otak terasa rileks. Caranya anda bisa berjalan jalan sekitar kamar atau memijatnya sendiri sekitar 5-10 menit sebelum tidur.

9. Minum Susu dan Sedikit Camilan

Susu hangat dapat membantu kita menenangkan tubuh dan pikiran, dibantu dengan sedikit makanan riingan akan membantu perut kita tetap terisi sehingga mengurangi kemungkinan terbangun tengah malam karena lapar.

10. Berwudhu dan Sholat

Saat berwudhu tubuh akan merasa segar dan nyaman lalu sholat dapat membantu pikiran anda lebih rileks dan tenang sehingga kombinasi ini dapat membantu kita untuk cepat tidur. Selain itu berwudhu dan sholat merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW. Jadi sangat patut kita lakukan.

Selain dengan cara cara di atas anda juga bisa mengatasi Insomnia Akut dengan beberapa cara berikut ini:

  • Relaksasi
  • Pijat Akupuntur
  • Berolahraga
  • Melakukan Seks sebelum tidur
  • Mengonsumsi makanan yang membuat otak mudah memproduksi melatonin
  • Tidur dengan posisi yang nyaman
  • Hindari tidur siang selama mengalami Insomnia Akut.

Demikian Ulasan Saya mengenai cara cepat untuk tidur nyenyak bagi para pengidap Insomnia Akut, jangan ragu juga untuk berkonsultasi ke dokter jika belum lekas sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

Insomia adalah suatu gangguan yang dialami seseorang saat hendak pergi tidur, biasanya orang yang mengalami insomnia hanya akan berbaring dengan keadaan terjaga sepanjang malam. Insomnia walaupun bukan suatu penyakit namun dapat memicu timbulnya beberapa penyakit karena insomnia membuat seseorang kekurangan waktu tidur, dan saat seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup itu akan membuat tubuh mudah lelah serta fikiran tidak fokus sehingga membuat kesehatan juga bisa terganggu dan memicu munculnya beberapa penyakit.

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

Gejala awal penderita Insomnia biasanya terasa pusing, sakit di sekitar leher dan perubahan emosi yang ekstrim (moodswing) seperti mudah emosi, sedih dan lain lain. Secara umum Insomnia dibagi menjadi dua yaitu Insomnia akut dan Insomnia Kronis.

Insomnia Akut

Biasanya Insomnia ini disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi sehingga membuat tubuh sulit tertidur pada malam hari. Insomnia akut biasanya hanya berlangsung selama berminggu minggu dengan frekuensi yang tidak terlalu sering.

Insomnia Kronis

Penyebab Insomnia ini biasanya berupa penyakit serius seperti Kanker, Ginjal, Diabetes dan sebagainya sehingga membuat si pebderita sulit tidur. Insomnia ini sangat berbahaya dan harus segera disembuhkan karena insomnia jenis ini bisa berlangsung selama berbulan bulan.

Bagi anda penderita insomnia akut karena ada banyak cara untuk mengatasi insomnia anda dengan mudah, dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan insomnia akut.

1. Kurangi Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Bagi anda penyuka kopi mungkin anda harus mengurangi kebiasaan anda minum kopi karena kopi mengandung kafein dan membuat anda sulit tertidur. Selain kopi alcohol dan nikotin juga bisa membuat anda sulit tertidur untuk itu jauhi hal hal tersebut agar bisa membuat anda sembuh dari insomnia.

2. Tidur Lebih Awal

Anda bisa tidur lebih awal untuk mengatur ulang pola tidur anda, namun terkadang untuk orang jaman sekarang yang memiliki mobilitas tinggi mungkin sangat sulit untuk tidur lebih awal karena harus mengerjakan laporan atau lembur di kantor. Namun jika anda ingin mencobanya anda bisa ijin kepada atasan untuk pulang lebih awal dan beristirahat juga lebih awal.

3. Mengurangi Cahaya

Suasana gelap akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormon melatonin yaitu hormon yang membuat kita merasa kantuk, oleh sebab itu mematikan lampu saat pergi tidur dapat membantu anda mengurangi resiko insomnia. Namun bagi anda yang tidak suka gelap anda bisa gunakan lampu tidur dengan cahaya yang temaram.

4. Jangan Sering melihat kea rah Jam

Terlalu sering menatap jam akan menimbulkan rasa cemas karena merasa sudah jam sekian tapi tubuh belum juga tertidur, sehingga otak sulit mengeluarkan hormone melatonin. Rileks dan tetap tenang akan membantu anda cepat terpejam.

5. Menetralisir Suara

Hilangkan segala benda yang bisa mengeluarkan suara bising dari sekitar anda saat hendak pergi tidur jika masih kurang anda bisa menggunakan penutup telinga supaya benar benar tidak ada suara terdengar sehingga otak bisa terkonsen untuk mengeluarkan rasa kantuk.

6. Berkhayal

Pikirkan sesuatu yang bisa membuat anda senang contohnya liburan, naik gaji, bertemu orang yang anda sukai atau berkhayal anda menjadi seseorang yang penting bisa membuat otak dan tubuh lebih rileks dan cepat mengantuk.

7. Membasuh Muka dan Kaki

Membersihkan muka dan kaki dapat membuat tubuh terasa lebih bersih sehingga akan terasa lebih nyaman saat berada di atas tempat tidur.

8. Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi tidur yang benar akan mempengaruhi sulit atau tidaknya kita tertidur, seringkali kita terbangun di tengah malam karena posisi tidur yang salah dan membuat leher terasa sakit. Posisi tidur yang benar adalah tubuh menghadap kea rah kanan, selain berupa anjuran Nabi tidur dengan posisi ini juga mempunyai segudang manfaat menurut para peneliti.

9. Olahraga Rutin

Olahraga rutin juga bisa membuat kita terhindar dari resiko insomnia, karena berolahraga akan menambah jam aktifitas otomatis akan membuat tubuh butuh lebih banyak jam istirahat pula. Selain itu kondisi tubuh yang lelah sehabis olahraga juga bisa memuat lebih cepat mengantuk.

10. Perbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah aka membuat pikiran tenang, karena segala hal yang berhubungan dengan religi akan membuat jiwa raga seseorang lebih santai dan rileks sehingga dapat membantu menyembuhkan insomnia.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi insomnia, jika cara cara di atas belum berhasil anda juga bisa meminum obat tidur dengan anjuran dan resep dokter tentunya supaya usaha anda untuk menghilangkan insomnia lebih maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Insomnia adalah susah tidur atau tidak bisa tidur meskipun hari sudah sangat malam dan anda sudah sangat lelah. Insomnia dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Tidak dapat tidur meski badan sudah sangat mengantuk
  2. Tidak dapat tidur karena merasa badan masih tetap segar dan berenergi

Namun apapun jenisnya, insomnia dapat mengakibatkan gangguan pada sistem syaraf tubuh yang mengakibatkan munculnya halusinasi maupun rasa ngantuk berkepanjangan. Oleh sebab itu insomnia harus diatasi dengan cara yang tepat.

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Jika berbicara cara yang tepat untuk mengatasi insomnia akut, maka pilihannya hanya satu:

“Menggunakan cara-cara alami dan aman untuk menghilangkan insomnia”

Banyak sekali obat tidur yang dijual di pasaran (apotik), baik obat yang memang dikhususkan sebagai obat tidur, maupun obat flu dan demam yang menyebabkan kantuk sehingga digunakan sebagai obat tidur.

Beberapa obat yang penggunaannya salah tersebut antara lain CTM dan obat flu yang memiliki efek samping mengantuk. Penggunaan obat-obat an secara asal dapat menyebabkan masalah pada syaraf yang justru dapat menyebabkan insomnia yang lebih parah.

Maksud dari cara-cara alami adalah cara-cara yang tidak menggunakan obat-obatan kimiawi, namun hanya menggunakan:

1. Obat-obatan yang terbuat dari bahan herbal

Bahan-bahan herbal yang sering digunakan sebagai obat herbal antara lain:

Biji adas

Biji adas mengandung flavonoid dan stimastrol yang bersifat menenangkan syaraf dan membantu menghasilkan keinginan untuk tidur.

Daun putri malu

Daun putri malu mengandung melatonin yang bersifat menenangkan syaraf. Beberapa obat herbal mengambil ekstrak daun putri malu sebagai bahan utama obat tidur.

Bunga dan buah pala

Pala adalah tanaman yang paling sering dijadikan bahan utama obat tidur herbal. Ini karena pala mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh dan memiliki kandungan safrile dan elimicin yang merangsang keinginan tidur.

2. Makanan dan minuman alami seperti buah, tumbuhan, dan sayuran segar

Untuk yang mengalami insomnia, mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dapat membantu untuk tidur lebih mudah dan nyenyak. Beberapa sumber karbohidrat di antaranya adalah nasi, jagung, dan sagu. Tetapi konsumsi karbohidrat sebelum tidur dapat menimbulkan bertambahnya berat badan.

3. Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat mengatasi insomnia

Kegiatan yang bermanfaat mengatasi insomnia di antaranya adalah:

Berolahraga

ini karena olahraga dapat membantu merilekskan badan dan syaraf sehingga aliran darah lebih lancar dan tidurpun lebih lelap dan nyaman.

Aktif dalam kegiatan ibadah

Beberapa masalah insomnia terjadi karena masalah tekanan batin. Kegiatan keibadahan dapat membantu menghilangkan stress yang diakibatkan perasaan berdosa dan menyesal.

Setiap cara-cara yang disebut di atas relatif efektif membantu mengatasi insomnia. Namun untuk hasil yang lebih efektif harus dilakukan dengan cara:

  • Mengkombinasikan cara 1 dengan cara 2 dan 3 sehingga penyembuhan dapat lebih optimal
  • Melakukannya secara rutin dan berkelanjutan untuk hasil yang permanen
  • Menyertakan doa di dalam segala bentuk cara mengatasi susah tidur

Walaupun sudah menggunakan berbagai macam cara, kemungkinan insomnia akut untuk tidak dapat disembuhkan dengan cara biasa cukuplah tinggi. Oleh sebab itu, jika insomnia tetap terjadi, disarankan untuk memeriksakan ke dokter barang kali ada masalah-masalah yang perlu penanganan serius seperti:

  • Gangguan pada otak, syaraf, atau kelenjar
  • Pertanda ada masalah pada tubuh (kanker, pembengkakan jaringan, maupun masalah gula darah, dan kekurangan vitamin atau nutrisi)

Demikianlah cara alami untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia. Jika cara-cara di atas masih belum berhasil mengatasi insomnia, segera periksakan diri ke spesialis untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.

4 Penyebab Insomnia Akut dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Insomnia Akut dan Cara Mengatasinya

4 Penyebab Insomnia Akut dan Cara MengatasinyaInsomnia atau gangguan tidur merupakan masalah umum yang tidak hanya dialami orang dewasa dan anak-anak namun juga balita dan bayi. Insomnia yang sering terjadi menandakan adanya masalah pada tubuh atau pikiran.

Insomnia tidak boleh dibiarkan. Jika dibiarkan, apalagi jika sampai menjadi akut, insomnia dapat menyebabkan hal-hal seperti:

  • Badan mengalami kelelahan dan stress berat yang dapat menyebabkan munculnya halusinasi, keinginan bunuh diri, serangan jantung, dan kematian.
  • Terganggunya aktivitas di siang hari (bekerja atau belajar) karena mengantuk dan kelelahan akibat kurang tidur

Oleh sebab itu, insomnia harus segera ditangani dan diatasi. Namun mengatasi insomnia (terutama insomnia akut) harus dengan terlebih dahulu melihat penyebab terjadinya insomnia tersebut.

Penyebab Insomnia Akut

Beberapa penyebab insomnia akut dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Stress yang berkepanjangan

Stress dapat membuat otak tidak dapat dengan pasti memberikan perintah rileks dan tidur kepada suluruh badan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi rasa stress beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya:

  • mandi
  • menggunakan aroma terapi pada ruang tidur
  • memasang lagu-lagu yang menenangkan pikiran seperti lagu rohani maupun lagu klasik
  • hindari terlalu sering melihat jam
  • jauhkan benda penyebab stress seperti handphone ketika menunggu chat an pada smartphone, ataupun tumpukan berkas kantor

2. Adanya gangguan pada kerja otak, terutama syaraf

Salah satu penyebab insomnia akut adalah masalah pada syaraf sehingga otak tidak mampu memberikan perintah tidur dengan baik. Oleh sebab itu, agar dapat tidur dengan nyenyak beberapa langkah berikut harus dilakukan secara menyeluruh yaitu:

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Walaupun alkohol dan rasa mabuk dapat membuat tertidur, namun dapat juga menyebabkan rasa khawatir atau gelisah saat tidur sehingga tiba-tiba terbangun di malam hari

Hindari merokok

Selain masalah jantung dan kanker, merokok akan menyebabkan kerusakan syaraf otak yang menjadi penyebab utama insomnia.

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kafein pada kopi dan teh membantu tubuh untuk tetap terjaga ketika seseorang butuh untuk begadang. Namun konsumsi kafein akan menyebabkan syaraf pada otak untuk beradaptasi sehingga tetap terjaga meskipun tidur mengkonsumsi kopi atau teh.

3. Efek mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu

Makanan dan minuman tertentu banyak mengandung zat-zat yang membuat badan tetap terjaga seperti kafein pada coklat, kopi, dan teh. Selain itu, taurin pada minuman energi juga mempengaruhi terjadinya insomnia akut.

4. Badan yang jarang bergerak atau berolahraga

Jika seseorang banyak makan namun jarang berolahraga, konsumsi energi di dalam tubuh akan sangat sedikit. Hal ini menyebabkan penumpukan energi yang tidak dapat disalurkan sehingga badan akan tetap terjaga meskipun otak sudah merasa lelah dan butuh istirahat.

Untuk mengatasi hal ini, tentu saja hanya dapat disembuhkan dengan merilekskan badan dengan cara berolahraga. Olahraga yang dilakukan sebaiknya pada pagi atau sore hari seperti jogging, senam, yoga, maupun bermain futsal, basket, ataupun mengikuti latihan bela diri.

Sangat tidak disarankan berolahraga hanya ketika mau tidur karena:

  • keringat yang dibawa tidur akan menyebabkan penyakit kulit seperti gatal dan panu.
  • mandi untuk menghilangkan keringat dikhawatirkan dapat membuat badan kembali terjaga sehingga kembali sulit tidur (disarankan mandi dilakukan beberapa jam sebelum tidur)

Itulah beberapa penyebab terjadinya insomnia dan cara sederhana mengatasinya. Semoga artikel ini membantu anda yang sedang mengalami masalah untuk tidur nyenyak.

5 Obat Insomnia Herbal Tradisional Alami paling Ampuh yang Ada di Apotik

5 Obat Insomnia Herbal Tradisional Alami paling Ampuh yang Ada di Apotik

Ada banyak sekali obat yang dijual di apotik. Salah satu jenis obat yang dijual adalah obat insomnia atau lebih dikenal dengan obat tidur. Walaupun disebut sebagai obat, namun sangat jarang obat tidur yang benar-benar mampu menyembuhkan insomnia.

5 Obat Insomnia Herbal Tradisional Alami paling Ampuh yang Ada di Apotik

Beberapa obat insomnia di apotik umumnya adalah obat yang mengandung kimia sintetis atau buatan yang bersifat sedatif (merangsang syaraf) dan berpotensi menyebabkan kecanduan serta gagal jantung.

Namun tidak semua obat insomnia di apotik berbahaya. Beberapa jenis obat insomnia merupakan golongan obat herbal alami yang tidak hanya baik untuk tubuh, harganyapun relatif lebih murah namun efek obatnya dapat langsung dirasakan.

Obat insomnia herbal alami di apotik terdiri dari beberapa merk baik yang sudah dikenal publik, maupun masih berusaha membangun nama. Walaupun diproduksi oleh banyak produsen obat, umumnya obat herbal tersebut mengandung ekstrak tanaman populer seperti:

  • Ekstrak daun putri malu
  • Ekstrak buah dan bunga pala
  • Ekstrak biji adas

Mana ekstrak paling ampuh mengatasi insomnia tidak dapat ditentukan karena keampuhan obat sangat tergantung pada:

Tingkat kekronisan insomnia

Tiap obat tidur atau obat insomnia ditakar untuk penggunaan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, keterangan seperti berapa lama efek tidur akan dirasakan, dan jenis insomnia yang dapat diatasi harus sangat diperhatikan agar konsumsi obat tidak sia-sia.

Tingkat reaksi tubuh terhadap suatu zat

Misalnya: Beberapa orang memiliki alergi atau resistan terhadap biji adas sehingga obat insomnia yang terbuat dari biji adas tidak akan memiliki pengaruh.

Merk Obat Insomnia yang Terbuat dari Bahan Alami

Beberapa merk obat tidur herbal di apotik diantaranya adalah:

1. ACE MAXS

Mengandung ekstrak kulit manggis yang tidak hanya membantu membuat kulit lebih cerah, namun juga membantu tubuh menghasilkan serotin Serotin adalah zat di tubuh yang bertanggung jawab untuk dapat membuat tidur lebih lelap.

2. Noni Juice

Mengandung ekstrak selenium dan proserotin yang membantu meringankan kerja syaraf sehingga mudah tidur.

3. Madu Habbatussauda

Merupakan herbal yang terbuat dari madu. Madu adalah makanan yang sejak zaman kuno dapat membantu menyehatkan tubuh dan pikiran sehingga dapat digunakan sebagai obat insomnia yang aman dan menyehatkan.

4. Sleep Care Capsule

Terbuat dari ekstrak biji ceri, jiaogulan, dan akar polygala yang dipercaya sejak zaman kuno dapat membantu tidur lebih nyenyak.

5. Obat Insomnia Herba TDR

Merupakan obat insomnia yang memanfaatkan biji pala sebagai kandungan utama obat. Biji pala sudah sejak lama digunakan sebagai obat tidur yang ampuh diminum sebagai teh maupun bumbu dapur.

Itulah beberapa obat insomnia yang terbuat dari bahan herbal tradisional alami dan terbukti ampuh mengatasi insomnia. Namun keaslian obat harus tetap diperhatikan karena banyak sekali obat-obat palsu beredar di pasaran. Beberapa tips ketika membeli obat tidur herbal diantaranya:

  • belilah obat di apotik-apotik resmi dan terpercaya
  • perhatikan nomor BPOM pada kemasan
  • perhatikan kemasan obat. Jangan sampai membeli obat palsu
  • perhatikan kandungan bahan baku obat. Pastikan:
    – bahan baku obat tidak menimbulkan alergi di tubuh
    – bahan baku obat memang terbuat dari bahan herbal
    – bahan baku obat bukan merupakan zat yang bersifat adiktif atau membuat ketergantungan
  • perhatikan efek samping obat, apakah:
    – cocok untuk ibu hamil
    – dapat digunakan untuk anak-anak
    – menimbulkan efek alergi, mual, pusing, dan mengantuk

Itulah informasi yang dapat kamu berikan bagi anda yang sedang membutuhkan obat herbal alami untuk mengatasi masalah insomnia. Semoga informasi ini membantu.

4 Cara Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur dengan Bahan Herbal

4 Cara Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur dengan Bahan Herbal

Jangan pernah meragukan keampuhan tanaman-tanaman herbal yang tumbuh subur di Indonesia. Banyak sekali tanaman herbal yang secara medis terbukti membantu mengatasi insomnia.

4 Cara Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur dengan Bahan Herbal

Insomnia sendiri secara kasar berarti gangguan tidur di mana penderita tetap tidak dapat terlelap meskipun sudah sangat mengantuk. Sebenarnya ada banyak sekali bahan-bahan herbal alami yang dapat membantu mengatasi masalah insomnia bergantung pada penyebab insomnia, diantaranya:

1. Jika insomnia disebabkan stress

Gunakan herbal yang bersifat menenangkan dan relaksasi seperti:

  • Teh hijau hangat
  • segelas susu hangat
  • sesendok madu alam
  • aromatik ruangan seperti aroma mawar dan lavender

Selain itu, nasi juga dapat menghilangkan stress karena kandungan gula dalam nasi dapat menciptakan rasa nyaman dan enak saat makan. Karbohidrat pada nasi juga berperan sebagai zat yang dapat merangsang ngantuk sehingga kombinasi gula dan karbohidrat sebelum tidur dapat menjadi obat herbal alami yang efektik untuk mengatasi insomnia.

Namun perlu diingat walaupun tidak menyebabkan masalah medis, mengkonsumsi nasi pada malam hari dapat menyebabkan bertambahnya berat badan dan sangat tidak cocok untuk orang yang sedang diet.

2. Jika insomnia disebabkan adanya bau-bau tidak sedap

Seringkali suasana tidur harus terganggu adanya bau tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut dapat diatasi dengan tanaman-tanaman herbal yang bersifat aromatik seperti:

Parfum mawar dalam ruangan

Aroma mawar adalah aroma yang relatif dapat diterima oleh seluruh jenis orang. Aroma mawar cukup kuat namun disukai dan bersifat menenangkan sehingga sangat cocok sebagai aromatik herbal bagi penderita insomnia.

Segelas rebusan daun sirih

Rebusan daun sirih dapat membantu mensterilkan bau-bau yang hinggap di hidung. Selain itu, rebusan daun sirih dipercaya dapat membantu mengatasi masalah insomnia dengan efektif.

Segelas rebusan akar teratai

Rebusan akar teratai dapat berperan sebagai obat tidur alami yang ampuh dan efektif. Karenanya, tidak peduli seberapa bau ruangan, rebusan teratai akan membantu penderita insomnia untuk tertidur dengan lelap dan nyaman.

3. Jika insomnia disebabkan adanya gangguan pada syaraf

Masalah pada syaraf sebaiknya segera diperiksakan pada dokter spesialis syaraf. Namun beberapa obat herbal dapat membantu memulihkan kondisi syaraf seperti:

Madu

Madu dikenal sebagai obat herbal yang baik untuk berbagai jenis penyakit.

Susu segar

Susu diakui meningkatkan metabolisme dan meregenerasi jaringan-jaringan tubuh yang rusak atau bermasalah.

4. Jika insomnia disebabkan gangguan seperti suara berisik, dan posisi tidur yang tak nyaman

Suara berisik dan posisi tidur yang tak nyaman seperti saat berada di dalam mobil atau kapal bukan halangan untuk dapat tidur dengan nyenyak. Beberapa makanan dan minuman herbal dapat membantu untuk tetap rileks saat tidur seperti:

  • madu
  • susu
  • teh hijau
  • rebusan daun putri malu

Untuk rebusan daun putri malu, terbukti sangat ampuh untuk memberikan efek rileks saat tidur. Namun karena tidak memungkinkan merebus saat berada di dalam mobil, sebaiknya air rebusan sudah dipersiapkan sebelumnya. Air rebusan daun putri malu dapat disimpan hinga 3 hari.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi insomnia menggunakan obat-obat an herbal. Namun walaupun merupakan obat herbal, efek samping penggunaan tetaplah ada. Oleh sebab itu sangat penting untuk menggunakan obat herbal sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai terlalu sering dikonsumsi karena dapat menyebabkan hal-hal seperti keracunan, gangguan syaraf, alergi, ketahanan terhadap obat (resistan), ataupun serangan jantung dan kematian.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

Susah tidur atau insomnia terjadi karena berbagai sebab. Ada yang disebabkan stress, gangguan pada sistem syaraf, efek penggunaan obat-obat an, maupun sebab-sebab lain yang secara medis belum dapat dijelaskan dengan baik.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

Apapun penyebab insomnia, ada beberapa solusi diketahui cukup ampuh untuk mengatasi insomnia. Solusi tersebut dibagi menjadi 5 yaitu:

  1. Solusi dengan penggunaan obat-obat an modern
  2. Solusi dengan penggunaan obat-obat an tradisional
  3. Solusi dengan mengkonsumsi makanan
  4. Solusi dengan mengkonsumsi minuman tertentu
  5. Solusi dengan melakukan “senam” tidur

Apapun pilihan solusinya, insomnia hanya dapat diatasi dan disembuhkan jika dilakukan secara rutin, tepat dan dilakukan dengan cara-cara yang aman.

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memiliki sejarah dan budaya yang panjang memiliki beberapa cara tradisional untuk mengatasi masalah insomnia. Diantaranya adalah:

1. Membuat Obat Tidur Herbal

Ternyata obat tidur yang ampuh tidak harus dibeli di apotik. Nenek moyang Indonesia sejak zaman dahulu sudah mengenal insomnia dan memilliki cara mengatasinya yaitu dengan menyeduh tanaman-tanaman herbal seperti:

a. Daun Putri Malu

Putri malu mengandung melatonin yang bersifat sedatif atau menimbulkan rasa tenang pada syaraf. Efektifitas putri malu sangatlah baik sehingga tidak disarankan untuk digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak karena dapat menimbulkan efek seperti tidur kebablasan, dan keracunan.

Daun putri malu tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengganggu kesehatan janin.

Untuk membuat obat tidur dengan bahan daun putri malu tidaklah terlalu sulit:

  • siapkan daun putri malu sekitar 30 gram
  • rebus daun putri malu ke dalam 2 gelas air
  • rebus dalam api sedang hingga air tersisa sekitar 1 gelas
  • saring air dari daun putri malu
  • minum segelas air tersebut hingga habis kira-kira setengah jam sebelum tidur.

b. Kulit Manggis

Kulit manggis ternyata tidak hanya membantu merawat kulit namun juga membantu merangsang tubuh untuk cepat tidur dan terlelap. Cara penggunaan kulit manggis dapat ditumbuk hingga halus dan dicampurkan dengan tepung makanan untuk menggoreng pisang atau ikan.

2. Melakukan Olahraga

Agar dapat tidur dengan nyenyak, nenek moyang bangsa Indonesia akan merileks kan badannya dengan cara melakukan olahraga ringan beberapa jam sebelum tidur atau dengan kata lain berolahraga saat sore hari. Olahraga yang dapat dilakukan sore hari di zaman sekarang di antaranya:

  • jalan-jalan sore atau bersepeda mengeliling komplek perumahan
  • bermain futsal atau basket
  • jogging
  • mengikuti les bela diri maupun les renang

3. Menghindari Mengkonsumsi Makanan Tertentu Sebelum Tidur

Salah satu penyebab sulit tidur adalah karena ada makanan yang dikonsumsi padahal makanan tersebut sangat tidak cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur. Orang-orang zaman dahulu sudah tahu hal ini sehingga agar dapat tidur dengan nyenyak mereka sangat melarang mengkonsumsi makanan seperti:

a. Kopi dan Teh serta minuman lain yang mengandung kafein

Kopi dan teh mengandung kafein yang dapat memaksa tubuh untuk tetap terjaga. Oleh sebab itu, cara paling mudah agar dapat tertidur dengan nyenyak adalah dengan menghindari kafein. Selain kafein, kandungan gula dan taurin pada minuman berenergi modern sangat tidak baik bagi kepulasan tidur.

b. Memakan makanan dan minuman apapun dalam jumlah berlebihan

Mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kurang nyaman sehingga tidur akan terganggu ketika sedang tidur tiba-tiba ingin ke kamar kecil.

4 Obat Tidur Herbal Alami yang Aman Untuk Penyakit Insomnia

4 Obat Tidur Herbal Alami yang Aman Untuk Penyakit Insomnia

Insomnia adalah masalah yang umum terjadi pada anak-anak maupun orang dewasa. Pria ataupun wanita dapat mengalami masalah insomnia.

4 Obat Tidur Herbal Alami yang Aman Untuk Penyakit Insomnia

Solusi paling praktis untuk tidur di saat insomnia menyerang adalah dengan meminum obat tidur. Namun penggunaan obat tidur secara sembarangan bagi penderita insomnia sangat tidak dianjurkan karena:

  • Bahan kimia pada obat tidur dapat menekan dan mengganggu kerja otak
  • Obar tidur mengandung bahan kimia yang menyebabkan terjadinya efek ketagihan
  • Agar dapat tidur, penderita akan mengalami ketergantungan pada obat tidur

Lalu bagaimanakah cara menggunakan obat tidur dengan baik dan benar?

Bahaya dari obat tidur berasal dari efek samping yang dihasilkan oleh bahan kimia yang terkandung. Oleh karenanya, obat tidur yang baik akan memenuhi syarat-syarat sebagai berikut:

  • Terbuat dari bahan herbal alami yang aman bagi tubuh
  • Tidak menyebabkan ketagihan dan ketergantungan bahkan pada pemakaian jangka panjang

Obat tidur herbal dapat dibuat sendiri karena terbuat dari bahan yang mudah didapatkan. Atau dapat juga diperoleh dengan membeli obat tidur herbal di apotik.

Membuat Obat Tidur Herbal

Dengan beberapa bumbu dan sayuran di dapur, obat tidur yang aman untuk tubuh dapat langsung dibuat dengan mudah. Beberapa bumbu dan sayuran di dapur tersebut di antaranya adalah:

Pala

Pala mengandung myristicin, elimicin, dan safrile yang dapat merangsang otak untuk memerintahkan tubuh tidur dengan lelap. Membuat obat tidur dengan pala cukup sederhana:

  • siapkan segenggam bunga pala dan segelas air hangat
  • rendam bunga pala dalam air hangat selama kurang lebih 5 menit
  • saring bunga pala dari air
  • teh bunga pala sudah siap dan siap untuk diminum

Bunga pala aman dikonsumsi oleh tubuh, namun teh bunga pala tidak boleh terlalu sering diminum karena dapat mengganggu kinerja otak untuk merangsang tubuh untuk tidur dengan normal.

Biji Adas

Biji adas adalah salah satu bumbu dapur yang dapat digunakan sebagai obat tidur. Penggunaan biji adas sebagai obat tidur dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya:

  • menggunakannya sebagai rempah-rempah makanan
  • menyeduh biji adas sebagai teh seperti pada teh bunga pala
  • menumbuk biji adas dan mengkonsumsinya langsung

Tidak perlu terlalu banyak menggunakan biji adas, karena sedikit biji adas saja sudah sangat ampuh membuat tubuh untuk tertidur lelap. Ini karena zat-zat pada buah adas mampu menenangkan syaraf.

Kangkung

Sayur kangkung memiliki efek dapat membuat badan dan syaraf lebih rileks, nyaman, dan menimbulkan sensasi mengantuk. Sayur kangkung dapat ditumis seperti biasa dan dimakan bersama dengan nasi dan lauk.

Bawang Putih

Bawang putih setelah dikupas kulitnya dan dicuci dengan bersih, dapat langsung dimakan atau dipotong-potong terlebih dahulu. Tidak perlu dimakan dalam jumlah banyak, cukup 1 atau 2 anak bawang putih sebelum tidur dapat membantu agar tidur menjadi lebih nyenyak.

Selain ketiga tanaman yang umum berada di dapur tersebut, beberapa tanaman yang mudah ditemui di pekarangan rumah juga sangat ampuh sebagai obat tidur diantaranya:

  • Daun putri malu
  • Jamur kayu (cukup 5 gram saja)
  • Daun kopi muda

Cara mengkonsumsinya dengan merebus salah satu dari tanaman di atas. Air hasil rebusan akan memiliki efek merangsang rasa ngantuk dan tidur.

Itulah beberapa tanaman herbal alami yang dapat menjadi obat tidur yang ampuh untuk mengatasi insomnia. Semoga artikel ini membantu siapapun yang sedang mengalami masalah insomnia.