Saat seseorang mengalami sulit tidur atau insomnia di usia remaja, ada berbagai hal yang menjadi penyebabnya seperti banyak pikiran atau stress. Memang hampir mustahil jika kita ingin benar-benar menghindari stress. Pada satu sisi stress dapat menjadi dorongan positif yang berenergi tinggi agar bisa maksimal mengerjakan sesuatu. Namun jika stress berlebihan maka dapat menyebabkan gangguan tidur.

Penyakit Insomnia Pada Remaja dan Penyebabnya Serta Cara Penyembuhannya

Stress merupakan respon pada peristiwa sehari-hari yang dapat memengaruhi secara fisik, emosional dan perilaku. Selain bisa membuat susah tidur, stress ini juga dapat memicu kecemasan, depresi, sulit konsentrasi yang lainnya.

Penyebab stress

Untuk mengatasi stress, Anda harus mengetahui terlebih dulu apa yang menyebabkan Anda stress atau apa yang membebani pikiran Anda. Cermati kondisi atau kegiatan apa yang memungkinkan menjadi penyebabnya. Kondisi yang menyebabkan stress seperti masalah keuangan sering menyebabkan susah tidur dan terjadi dalam jangka panjang.

Lepaskan rasa khawatir saat Anda akan memasuki jam tidur, jika Anda harus merencanakan berbagai hal di esok hari. Segera fikirkan atau buat waktu batasan kapan Anda akan berhenti memikirkannya. Membuat fikiran terlalu aktif ketika mendekati waktu tidur bisa memicu gangguan tidur, selain membuat susah tidur, kemungkinan dapat membuat Anda terbangun ketika tengah malam karena tubuh memperoleh sinyal waspada.

Tenangkan diri

Ritme sirkadian tubuh akan mengatur seseorang terjaga di siang hari kemudian mengantuk di malam hari. Walaupun mempunyai variasi, tetapi puncak rasa kantuk pada orang dewasa yakni jam 2 hingga 4 malam, pada siang hari di jam 1 hingga 3 siang. Rasa kantuk di waktu-waktu tersebut bisa semakin berat saat tubuh kurang tidur.

Menjelang waktu tidur, dibandingkan dengan Anda memikirkan hal yang sebenarnya bisa Anda lakukan di esok hari lebih baik Anda mulai menulis rasa kekhawatiran Anda. Hal ini diharapkan bisa menurunkan ketegangan sebelum pergi tidur. Anda juga bisa menggunakan teknik relaksasi seperti meditasi, berdoa, hingga melakukan peregangan yang membuat nyaman. Membaca pun juga termasuk kegiatan yang dapat dilakukan sebelum tidur, tetapi hindari membaca ponsel karena cahaya yang di tangkap oleh mata bisa membuatnya menjadi sulit terpejam.

Tips tidur nyenyak

Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu tidur nyenyak serta mengurangi stress seperti upayakan bangun di waktu yang sama setiap hari, batasi waktu untuk tidur siang, hentikan konsumsi kafein atau rokok, perbanyak makan sayur dan buah, hingga buat tempat tidur Anda menjadi senyaman mungkin.

Selain berbagai cara tersebut, Anda bisa menggunakan Herba TDR. Herba TDR merupakan suplemen herbal sebagai jalan keluar dari masalah sulit tidur seperti kualitas tidur yang buruk hingga insomnia. Herba TDR ini memiliki berbagai macam manfaat, berikut manfaat dari Herba TDR, antara lain:

  1. Anda bisa memperoleh kualitas tidur yang lebih baik. Jangan salah, tidur yang baik bukan hanya tidur yang berdurasi lama, namun tidur yang benar-benar berkualitas. Ciri Anda memperoleh tidur yang baik ialah ketika bangun tidur, tubuh menjadi terasa segar,
  2. Terhindar dari stress atau depresi. Bila Anda memperoleh tidur yang berkualitas, Anda bisa terhindar dari depresi dan stress,
  3. Konsentrasi ketika bekerja. Dengan pikiran yang tenang dan tidur dengan baik, Anda bisa berkonsentrasi saat bekerja, hingga akhirnya peforma bekerja di kantor menjadi semakin baik, selain itu ada berbagai macam manfaat dari Herba TDR yang lainnya.