Insomnia adalah susah tidur atau tidak bisa tidur meskipun hari sudah sangat malam dan anda sudah sangat lelah. Insomnia dibagi menjadi 2 jenis yaitu:

  1. Tidak dapat tidur meski badan sudah sangat mengantuk
  2. Tidak dapat tidur karena merasa badan masih tetap segar dan berenergi

Namun apapun jenisnya, insomnia dapat mengakibatkan gangguan pada sistem syaraf tubuh yang mengakibatkan munculnya halusinasi maupun rasa ngantuk berkepanjangan. Oleh sebab itu insomnia harus diatasi dengan cara yang tepat.

Mengatasi Insomnia Susah Tidur Malam Akut secara Alami

Jika berbicara cara yang tepat untuk mengatasi insomnia akut, maka pilihannya hanya satu:

“Menggunakan cara-cara alami dan aman untuk menghilangkan insomnia”

Banyak sekali obat tidur yang dijual di pasaran (apotik), baik obat yang memang dikhususkan sebagai obat tidur, maupun obat flu dan demam yang menyebabkan kantuk sehingga digunakan sebagai obat tidur.

Beberapa obat yang penggunaannya salah tersebut antara lain CTM dan obat flu yang memiliki efek samping mengantuk. Penggunaan obat-obat an secara asal dapat menyebabkan masalah pada syaraf yang justru dapat menyebabkan insomnia yang lebih parah.

Maksud dari cara-cara alami adalah cara-cara yang tidak menggunakan obat-obatan kimiawi, namun hanya menggunakan:

1. Obat-obatan yang terbuat dari bahan herbal

Bahan-bahan herbal yang sering digunakan sebagai obat herbal antara lain:

Biji adas

Biji adas mengandung flavonoid dan stimastrol yang bersifat menenangkan syaraf dan membantu menghasilkan keinginan untuk tidur.

Daun putri malu

Daun putri malu mengandung melatonin yang bersifat menenangkan syaraf. Beberapa obat herbal mengambil ekstrak daun putri malu sebagai bahan utama obat tidur.

Bunga dan buah pala

Pala adalah tanaman yang paling sering dijadikan bahan utama obat tidur herbal. Ini karena pala mengandung zat-zat yang baik bagi tubuh dan memiliki kandungan safrile dan elimicin yang merangsang keinginan tidur.

2. Makanan dan minuman alami seperti buah, tumbuhan, dan sayuran segar

Untuk yang mengalami insomnia, mengkonsumsi makanan berkarbohidrat tinggi dapat membantu untuk tidur lebih mudah dan nyenyak. Beberapa sumber karbohidrat di antaranya adalah nasi, jagung, dan sagu. Tetapi konsumsi karbohidrat sebelum tidur dapat menimbulkan bertambahnya berat badan.

3. Kegiatan-kegiatan yang bermanfaat mengatasi insomnia

Kegiatan yang bermanfaat mengatasi insomnia di antaranya adalah:

Berolahraga

ini karena olahraga dapat membantu merilekskan badan dan syaraf sehingga aliran darah lebih lancar dan tidurpun lebih lelap dan nyaman.

Aktif dalam kegiatan ibadah

Beberapa masalah insomnia terjadi karena masalah tekanan batin. Kegiatan keibadahan dapat membantu menghilangkan stress yang diakibatkan perasaan berdosa dan menyesal.

Setiap cara-cara yang disebut di atas relatif efektif membantu mengatasi insomnia. Namun untuk hasil yang lebih efektif harus dilakukan dengan cara:

  • Mengkombinasikan cara 1 dengan cara 2 dan 3 sehingga penyembuhan dapat lebih optimal
  • Melakukannya secara rutin dan berkelanjutan untuk hasil yang permanen
  • Menyertakan doa di dalam segala bentuk cara mengatasi susah tidur

Walaupun sudah menggunakan berbagai macam cara, kemungkinan insomnia akut untuk tidak dapat disembuhkan dengan cara biasa cukuplah tinggi. Oleh sebab itu, jika insomnia tetap terjadi, disarankan untuk memeriksakan ke dokter barang kali ada masalah-masalah yang perlu penanganan serius seperti:

  • Gangguan pada otak, syaraf, atau kelenjar
  • Pertanda ada masalah pada tubuh (kanker, pembengkakan jaringan, maupun masalah gula darah, dan kekurangan vitamin atau nutrisi)

Demikianlah cara alami untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia. Jika cara-cara di atas masih belum berhasil mengatasi insomnia, segera periksakan diri ke spesialis untuk mencegah terjadinya masalah yang lebih besar.