Gangguan tidur merupakan kelainan yang dapat menyebabkan masalah pola tidur entah karena sering terbangun di malam hari, tidak bisa tidur atau tidak bisa kembali tidur sesudah terbangun. Ada berbagai macam dampak yang diakibatkan gangguan tidur ini seperti merasa lemas, kelelahan, mudah marah, hingga sulit berkonsentrasi saat siang hari. Kondisi ini bisa dikarenakan oleh berbagai macam hal.

Mendengkur

Kondisi ini muncul saat aliran udara melalui mulut dan hidung mengalami gangguan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh berbagai macam alasan seperti terganggunya saluran hidung, massa otot yang buruk di lidah dan tenggorokan, jaringan tenggorokan yang terlalu tebal, langit-langit mulit yang lunak. Akibat kondisi ini, Anda memiliki risiko mengalami gangguan medis yang cukup serius contohnya seperti gangguan pernapasan, sering bangun dari tidur dan sering muncul tekanan pada jantung.

Mengatasi Gangguan Tidur Di Malam Hari Menggunakan Herbal Tradisional

Insomnia

Insomnia merupakan kondisi saat seseorang mengalami kesulitan tidur atau tidak dapat tidur sesuai dengan waktu yang diperlukan tubuh walaupun ia mempunyai kesempatan untuk melakukannya. Gejala yang dirasakan dari insomnia yang paling umum seperti sulit tidur atau sering terbangun di malam hari. Selain itu terdapat beberapa gejala umum yang lain seperti sulit konsentrasi di siang hari, suasana hati yang mudah berubah hingga sering merasa kelelahan.

Insomnia sendiri dikarenakan oleh faktor gaya hidup atau kurang nyamannya kamar tidur yang digunakan. Insomnia juga bisa disebabkan karena efek samping dari obat-obatan. Pengobatan yang dilakukan di kondisi ini disesuaikan dengan kondisi dasarnya.

Apnea tidur

Sleep apnea atau yang sering disebut dengan apnea tidur merupakan kondisi terganggunya pernapasan karena dinding tenggorokan yang direlaksasi menyempit saat sedang tidur. Apnea tidur ini dibagi menjadi dua yakni apnea tidur obstruksi yang muncul karena otot tenggorokan mengalami relaksasi berlebihan dan apnea tidur central. Untuk apnea tidur central, ia muncul karena otak tidakĀ  mengirimkan sinyal agar mengatur pernapasan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan di rumah untuk mengatasi apnea tidur seperti berhenti melakukan kebiasaan merokok, menurunkan berat badan jika terjadi obesitas, menghindari obat penenang, pembatasan konsumsi minuman keras, lebih-lebih pada waktu sebelum tidur dan menghindari posisi terlentang. Usahakan Anda tidur di posisi miring.

Sindrom kaki gelisah

Kondisi ini ditandai dengan keinginan yang tidak dapat dijelaskan untuk menggerakkan kaki, kadang disertai dengan sensasi seperti kesemutan. Di kebanyakan kasus, dokter tidak tahu apa yang menyebabkan kondisi ini, namun mereka mencurigai adanya faktor keturunan yang menyebabkan terjadinya sindrom kaki gelisah.

Sebenarnya, ada beberapa faktor lain yang menyebabkannya seperti:

  • Wanita hamil sering mengalami sindrom ini saat tiga bulan terakhir,
  • Penyakit kronis. Beberapa contoh penyakit kronis yang dapat menyebabkan sindrom kaki gelisah ialah gagal ginjal, diabetes, hingga defisiensi besi,
  • Obat-obatan. Beberapa obat-obatan juga dapat menjadi penyebab. Obat ini seperti antidepresan, antimual, antipsikotik.

Mengalami gangguan tidur memang sangat menganggu, apalagi jika melihat kembali seluruh aktivitas kita tidak bisa berjalan dengan lancar karena tidur yang kurang. Bila gangguan tidur ini secara terus menerus menganggu Anda, Anda bisa mengatasinya menggunakan Herba TDR. Suplemen Herba TDR merupakan suplemen khusus dari bahan herbal yang mengatasi keluhan tidur mulai dari kualitas tidur yang buruk, insomnia dan yang lainnya. Sehingga, jika Anda mempunyai keluhan tidur yang cukup serius, solusi yang paling tepat untuk mengatasinya secara alami dengan menggunakan Herba TDR.