Tidur nyenyak merupakan hal yang paling diinginkan semua orang. Apalagi mimpi indah. Bahkan hanya beberapa saja orang yang dapat merasakan tidur nyenyak dengan mimpi yang menyenangkan. Rutin mendapatkan tidur nyenyak ternyata dapat mempengaruhi daya tahan tubuh agar tetap sehat. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur sangat rentan terkena beberapa penyakit, salah satunya adalah jantung. Ini sangatlah berbahaya bukan? Dan yang lebih mengganggu aktifitas sehari-hari adalah perasaan murung dan kurang bersemangat.

7 Cara Agar Tidur Nyenyak Sampai Pagi Dan Mimpi Indah

Kurangnya waktu tidur yang dimiliki biasanya dipengaruhi oleh gaya hidup, seperti pulang yang terlalu larut, main game hingga tengah malam, dan lain sebagainnya. Hal tersebut ternyata bisa menjadi penyebab seseorang mengalami gangguan tidur karena terlalu lelah. Nah…jika Anda juga mengalami hal serupa, sebaiknya cobalah cara alami berikut untuk membantu membuat tidur Anda lebih nyenyak.

1. Rutin Mengganti Sprei

Tempat tidur yang nyaman akan semakin mempengaruhi kualitas tidur Anda. Salah satunya dengan mengganti sprei dan sarung bantal maupun guling secara rutin. Sprei yang sudah lama tidak diganti juga menyebabkan gatal-gatal pada tubuh sehingga tidak nyaman saat dipakai tidur. Untuk mengantisipasi hal seperti itu sebaiknya menggantinya minimal seminggu sekali.

2. Melakukan Olahraga Secara Teratur

Saking sibuknya, terkadang orang tidak sempat melakukan olahraga. Kurangnya olahraga juga mengakibatkan susah tidur nyenyak pada malam hari. Meski beberapa orang menganggap ini tidak ada pengaruhnya, tapi mereka justru salah. Karena dengan olahraga secara teratur, kualitas tidur menjadi lebih baik.

3. Pilih Bantal Yang Tepat

Pemilihan bantal yang tidak tepat dapat menyebabkan rasa sakit apda tulang punggung. Dan ini seringkali membuat Anda sulit untuk tidur nyenyak. Sesuaikan bantal dengan posisi tidur, selain menghindari rasa sakit pada tulang punggung juga akan membuat kualitas Anda lebih nyenyak. Tidur malam yang nyenyak tentu akan membuat badan terasa lebih segar ketika bangun.

4. Menghindari Makanan Berlemak Menjelang Tidur

Banyak orang yang beranggapan bahwa saat tidur tidak boleh dalam keadaan perut kosong. Justru hal ini salah. Makan sebelum tidur hanya akan membuat anak terasa lelah karena sistem pencernaan yang terus bekerja “menggiling” makanan yang Anda konsumsi. Apalagi makanan berlemak karena dapat menyebabkan asam lambung naik jika dikonsumsi sebelum tidur.

5. Memakai Koas Kaki

Meski dianggap hal yang tabu, tapi pemakaian kaos kaki saat tidur dapat memberikan efek yang baik. Selain menjaga kesehatan tumit supaya tidak pecah-pecah, rutin menggunakan kaos kaki ketika tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyanyak. Kehangatan pada kaki memang sangat penting untuk mempengaruhi kenyamanan tidur seseorang. Cobalah untu memakai kaos kaki saat tidur dan rasakan perubahannya pada pola tidur.

6. Memikirkan Hal Yang Menyenangkan

Selalu berfikir positif dan memikirkan hal-hal yang menyenangkan dapat membantu kualitas tidur lebih baik. Seringkali masalah dalam kehidupan sehari-hari membuat kita stres dan susah tidur. Akan tetapi, cobalah lupakan sejenak pada malam hari. Pikirkan hal-hal yang hanya membuat Anda merasa senang sehingga lebih cepat untuk tidur.

7. Memasang Peredam Suara di Kamar Tidur

Suara-suara yang ada di luar rumah seringkali mengganggu, terlebih bagi Anda yang tinggal di pinggir jalan raya atau jalanan yang ramai. Untuk mengatasinya sangatlah mudah dengan memasang peredam suara di kamar. Cara ini akan membuat Anda terhindar dari kebisingan luar yang menjadi penyebab Anda sulit untuk tidur nyenyak. Dan hasilnya tidur Anda akan lebih berkualitas dan lebih segar saat bangun.