Mengalami gangguan tidur atau insomnia seringkali memberikan efek yang buruk untuk tubuh. Jika tidak diatasi, hal ini akan menyebabkan daya tahan tubuh terganggu. Beberapa orang cenderung memilih menggunakan obat penenang untuk mengatasi insomnia. Akan tetapi,  pemakaian obat penenang dalam waktu yang lama akan mengganggu metabolisme tubuh dan menyebabkan ketergantungan. Untuk itu sebaiknya pilih obat penenang yang alami supaya lebih aman.

6 Obat Penenang Alami Agar Tidur Nyenyak Bagi Penderita Insomnia

Jika Anda sangat peduli terhadap kesehatan, tentu akan memanfaatkan bahan-bahan sekitar untuk membantu mengatasi insomnia. Obat penenang alami sangat mudah dibuat dan lebih aman untuk mengatasi gangguan tidur. Anda pastinya penasaran seperti apa obat penenang alami yang dapat Anda konsumsi dengan aman bukan? Kalau begitu simak ulasan berikut,

1. Bawang Putih

Bumbu dapur yang satu ini memang memiliki berbagai khasiat sekaligus sering digunakan untuk pengobatan herbal yang aman. Anda juga bisa memanfaatkan bawang putih sebagai obat penenang alami lho. Caranya cukup mudah, ambil satu siung bawang putih dan irislah keci-kecil, kemudian telan seperti Anda minum obat. Lakukan ini setiap akan tidur.

2. Bunga Adas

Bunga adas tentunya sangat mudah didapat. Anda bisa mencoba menggunakan bunga adas untuk mengatasi insomnia. Ambil bunga adas secukupnya, kira-kira7 gram saja. Kemudian rebus dengan air hingga mendidih, dinginkan dan kemudian minumlah pada malam hari menjelang tidur. Selain aman dikonsumsi, bunga adas juga efektis mengatasi insomnia.

3. Susu Hangat

Bagi beberapa orang, susu hangat telah dijadikan sebagai “obat penenang” alami yang akan membuatnya lebih cepat terlelap. Agar kualitas tidur lebih nyenyak dan bangun lebih segar, ama solusi yang paling tepat adalah dengan mengonsumsi susu hangat setengah jam sebelum tidur. Minum susu sebelum tidur akan membuat pikiran Anda lebih rileks sehingga membuat tidur lebih nyenyak.

4. Teh Camomile

Tidak semua teh memiliki efek yang menenangkan seperti kandungan yang ada pada teh camomile. Teh camomile berbeda dengan teh lainnya. Zat cammomile membantu menenangkan pikiran sehingga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi sebelum tidur. Kini tak perlu repot mencari camomile karena dapat ditemukan pada teh. Ya, teh camomile sekarang mudah didapatkan dan minumlah sebelum tidur agar kualitas tidur lebih baik.

5. Buah Yang Mengandung Metalonin

Buah yang memiliki kandungan metalonin tinggi dapat membuat tidur lebih nyenyak. Buah bermetalonin tinggi dapat ditemukan pada buah cherry dan pisang. Agar lebih segar, sebaiknya buat jus cherry dan minumlah secara rutin agar tidur lebih nyenyak. Selain itu, makan pisang setengah jam sebelum tidur juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur lebih nyenyak, khususnya bagi penderita insomnia.

6. Buah Pala dan Madu

Khasiat buah pala memang sudah tidak diragukan lagi, salah satunya sebagai ramuan alami untuk orang yang menderita insomnia. Pembuatannya juga sangat mudah, Anda hanya perlu menumbuk buah pala hingga lembut, kemudian seduh dengan air panas. Campurkan madu sebelum meminumnya dan tidur Anda akan lebih nyenyak.

Apabila Anda masih mengalami gangguan tidur, sebaiknya Anda mencoba untuk minum Herba TDR. Herba TDR merupakan obat penenang alami yang memiliki kandungan temulawak dan dapat membuat tidur lebih nyenyak. Bahkan banyak penderita insomnia yang sudah membuktikan khasitanya. Anda tak perlu khawatir dengan efek samping karena Herba TDR sedah terbukti aman dan membuat kualitas tidur menjadi lebih baik. Dengan Herba TDR, maka Anda tidak lagi bersahabat dengan insomnia.