Kualitas tidur saat malam hari yang baik bisa membuat Anda merasa segar keesokan harinya. Insomnia atau tidak berkualitasnya tidur malam sebenarnya sangat menganggu. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan jika kekurangan tidur yang berkaitan dengan menurunnya daya pikir serta memproses informasi. Jika melihat lebih jauh lagi, apabila insomnia ini dibiarkan begitu saja, bisa meningkatkan risiko dari serangan jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

Penyebab insomnia

5 Tips Agar Cepat Tidur Malam dan Nyenyak Serta Mengatasi Insomnia

Saat Anda mengalami insomnia, Anda harus mengetahui penyebabnya agar memudahkan Anda mengantisipasi kondisi ini. Berikut beberapa hal yang berkaitan dengan sulit tidur, antara lain:

  • Efek zat kimia. Bukannya menenangkan, namun kafein dan alkohol yang Anda konsumsi bisa membuat Anda terbangun di malam hari lebih sering dibandingkan dengan biasanya, selain itu mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dapat menyebabkan sakit kepala. Gangguan ini akan terasa lebih jelas ketika Anda terbangun dari tidur dan Anda merasa tidak segar,
  • Tidak dapat dipungkiri, permasalahan hidup seperti konflik dalam rumah tangga atau urusan pekerjaan bisa membuat stress. Masalah semacam ini jika secara terus menerus berputar bisa menempati ruang di kepala dan membuat Anda memikirkannya. Anda bisa menjadi lebih lama terjaga hingga akhirnya sulit tidur,
  • Saat memasuki usia 40 tahun, umumnya muncul kencederungan perubahan pola tidur. Bila pada usia sebelumnya bisa tidur nyenyak sepanjang malam, mereka yang berusia 40 tahun ke atas malah mengalami kecenderungan beberapa kali terbangun saat malam hari. Semakin sering terbangun, Anda semakin tidak memperoleh kualitas tidur yang baik.

Sesudah mengetahui penyebabnya, dan Anda juga belum bisa memperoleh kualitas tidur yang baik. Berikut cara-cara yang bisa membuat tidur Anda menjadi nyenyak dan terbebas dari insomnia, antara lain:

Jangan berolahraga terlalu keras sebelum tidur

Olahraga yang keras atau berat sebelum tidur bagi sebagian orang memang bisa membuat tubuh menjadi segar hingga pada akhirnya butuh waktu lama untuk menenangkan diri. Agar bisa menghindari sulit tidur sesudah berolahraga, disarankan menggantinya dengan relaksasi yang lebih menenangkan. Lakukan yoga, mandi air hangat atau mendengarkan musik.

Batasi tidur siang

Tidur siang juga menjadi dalang dari penyebab Anda kesulitan tidur di malam hari. Oleh sebab itu sangat disarankan menghindari dan membatasi jam tidur siang, jangan tidur siang lebih dari 25 menit. Untuk menghindari tidur siang, alihkan perhatian Anda dengan berjalan kaki, membaca buku, bersepeda atau melakukan kegiatan lainnya.

Hindari merokok dan kopi

Kopi memiliki kandungan kafein yang bisa membuat Anda menjadi sulit mengantuk. Jika Anda memaksakan untuk tidur, Anda dapat terbangun beberapa kali saat malam hari. Pada akhirnya akan membuat kualitas tidur Anda mengalami penurunan.

Hindari bekerja di kamar tidur

Jangan bekerja di tempat tidur agar pikiran Anda menjadi lebih santai. Selain itu Anda juga dianjurkan untuk melupakan pikiran-pikiran yang memiliki sangkut paut dengan pekerjaan, ujian atau deadline. Singkirkan laptop dari tempat tidur Anda, agar Anda tidak tergoda untuk online.

Buat jadwal tidur

Anda bisa membuat jadwal tidur untuk menciptakan body alarm. Lakukan saat akhir pekan. Jadwal tidur yang tetap bisa membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak. Jangan lupa buat tempat tidur menjadi senyaman mungkin serta gunakan pencahayaan yang tidak terlalu terang agar tubuh bisa merasakan istirahat sepenuhnya. Untuk sekali dua kali, mungkin Anda akan kesulitan mengikuti jadwal tidur ini, namun setelah beberapa hari dengan sendirinya Anda akan terbiasa.