Ada banyak sekali obat yang dijual di apotik. Salah satu jenis obat yang dijual adalah obat insomnia atau lebih dikenal dengan obat tidur. Walaupun disebut sebagai obat, namun sangat jarang obat tidur yang benar-benar mampu menyembuhkan insomnia.

5 Obat Insomnia Herbal Tradisional Alami paling Ampuh yang Ada di Apotik

Beberapa obat insomnia di apotik umumnya adalah obat yang mengandung kimia sintetis atau buatan yang bersifat sedatif (merangsang syaraf) dan berpotensi menyebabkan kecanduan serta gagal jantung.

Namun tidak semua obat insomnia di apotik berbahaya. Beberapa jenis obat insomnia merupakan golongan obat herbal alami yang tidak hanya baik untuk tubuh, harganyapun relatif lebih murah namun efek obatnya dapat langsung dirasakan.

Obat insomnia herbal alami di apotik terdiri dari beberapa merk baik yang sudah dikenal publik, maupun masih berusaha membangun nama. Walaupun diproduksi oleh banyak produsen obat, umumnya obat herbal tersebut mengandung ekstrak tanaman populer seperti:

  • Ekstrak daun putri malu
  • Ekstrak buah dan bunga pala
  • Ekstrak biji adas

Mana ekstrak paling ampuh mengatasi insomnia tidak dapat ditentukan karena keampuhan obat sangat tergantung pada:

Tingkat kekronisan insomnia

Tiap obat tidur atau obat insomnia ditakar untuk penggunaan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, keterangan seperti berapa lama efek tidur akan dirasakan, dan jenis insomnia yang dapat diatasi harus sangat diperhatikan agar konsumsi obat tidak sia-sia.

Tingkat reaksi tubuh terhadap suatu zat

Misalnya: Beberapa orang memiliki alergi atau resistan terhadap biji adas sehingga obat insomnia yang terbuat dari biji adas tidak akan memiliki pengaruh.

Merk Obat Insomnia yang Terbuat dari Bahan Alami

Beberapa merk obat tidur herbal di apotik diantaranya adalah:

1. ACE MAXS

Mengandung ekstrak kulit manggis yang tidak hanya membantu membuat kulit lebih cerah, namun juga membantu tubuh menghasilkan serotin Serotin adalah zat di tubuh yang bertanggung jawab untuk dapat membuat tidur lebih lelap.

2. Noni Juice

Mengandung ekstrak selenium dan proserotin yang membantu meringankan kerja syaraf sehingga mudah tidur.

3. Madu Habbatussauda

Merupakan herbal yang terbuat dari madu. Madu adalah makanan yang sejak zaman kuno dapat membantu menyehatkan tubuh dan pikiran sehingga dapat digunakan sebagai obat insomnia yang aman dan menyehatkan.

4. Sleep Care Capsule

Terbuat dari ekstrak biji ceri, jiaogulan, dan akar polygala yang dipercaya sejak zaman kuno dapat membantu tidur lebih nyenyak.

5. Obat Insomnia Herba TDR

Merupakan obat insomnia yang memanfaatkan biji pala sebagai kandungan utama obat. Biji pala sudah sejak lama digunakan sebagai obat tidur yang ampuh diminum sebagai teh maupun bumbu dapur.

Itulah beberapa obat insomnia yang terbuat dari bahan herbal tradisional alami dan terbukti ampuh mengatasi insomnia. Namun keaslian obat harus tetap diperhatikan karena banyak sekali obat-obat palsu beredar di pasaran. Beberapa tips ketika membeli obat tidur herbal diantaranya:

  • belilah obat di apotik-apotik resmi dan terpercaya
  • perhatikan nomor BPOM pada kemasan
  • perhatikan kemasan obat. Jangan sampai membeli obat palsu
  • perhatikan kandungan bahan baku obat. Pastikan:
    – bahan baku obat tidak menimbulkan alergi di tubuh
    – bahan baku obat memang terbuat dari bahan herbal
    – bahan baku obat bukan merupakan zat yang bersifat adiktif atau membuat ketergantungan
  • perhatikan efek samping obat, apakah:
    – cocok untuk ibu hamil
    – dapat digunakan untuk anak-anak
    – menimbulkan efek alergi, mual, pusing, dan mengantuk

Itulah informasi yang dapat kamu berikan bagi anda yang sedang membutuhkan obat herbal alami untuk mengatasi masalah insomnia. Semoga informasi ini membantu.