4 Penyebab Insomnia Akut dan Cara MengatasinyaInsomnia atau gangguan tidur merupakan masalah umum yang tidak hanya dialami orang dewasa dan anak-anak namun juga balita dan bayi. Insomnia yang sering terjadi menandakan adanya masalah pada tubuh atau pikiran.

Insomnia tidak boleh dibiarkan. Jika dibiarkan, apalagi jika sampai menjadi akut, insomnia dapat menyebabkan hal-hal seperti:

  • Badan mengalami kelelahan dan stress berat yang dapat menyebabkan munculnya halusinasi, keinginan bunuh diri, serangan jantung, dan kematian.
  • Terganggunya aktivitas di siang hari (bekerja atau belajar) karena mengantuk dan kelelahan akibat kurang tidur

Oleh sebab itu, insomnia harus segera ditangani dan diatasi. Namun mengatasi insomnia (terutama insomnia akut) harus dengan terlebih dahulu melihat penyebab terjadinya insomnia tersebut.

Penyebab Insomnia Akut

Beberapa penyebab insomnia akut dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:

1. Stress yang berkepanjangan

Stress dapat membuat otak tidak dapat dengan pasti memberikan perintah rileks dan tidur kepada suluruh badan. Oleh sebab itu, untuk mengurangi rasa stress beberapa cara yang dapat dilakukan di antaranya:

  • mandi
  • menggunakan aroma terapi pada ruang tidur
  • memasang lagu-lagu yang menenangkan pikiran seperti lagu rohani maupun lagu klasik
  • hindari terlalu sering melihat jam
  • jauhkan benda penyebab stress seperti handphone ketika menunggu chat an pada smartphone, ataupun tumpukan berkas kantor

2. Adanya gangguan pada kerja otak, terutama syaraf

Salah satu penyebab insomnia akut adalah masalah pada syaraf sehingga otak tidak mampu memberikan perintah tidur dengan baik. Oleh sebab itu, agar dapat tidur dengan nyenyak beberapa langkah berikut harus dilakukan secara menyeluruh yaitu:

Hindari mengkonsumsi minuman beralkohol

Walaupun alkohol dan rasa mabuk dapat membuat tertidur, namun dapat juga menyebabkan rasa khawatir atau gelisah saat tidur sehingga tiba-tiba terbangun di malam hari

Hindari merokok

Selain masalah jantung dan kanker, merokok akan menyebabkan kerusakan syaraf otak yang menjadi penyebab utama insomnia.

Hindari mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein

Kafein pada kopi dan teh membantu tubuh untuk tetap terjaga ketika seseorang butuh untuk begadang. Namun konsumsi kafein akan menyebabkan syaraf pada otak untuk beradaptasi sehingga tetap terjaga meskipun tidur mengkonsumsi kopi atau teh.

3. Efek mengkonsumsi makanan dan minuman tertentu

Makanan dan minuman tertentu banyak mengandung zat-zat yang membuat badan tetap terjaga seperti kafein pada coklat, kopi, dan teh. Selain itu, taurin pada minuman energi juga mempengaruhi terjadinya insomnia akut.

4. Badan yang jarang bergerak atau berolahraga

Jika seseorang banyak makan namun jarang berolahraga, konsumsi energi di dalam tubuh akan sangat sedikit. Hal ini menyebabkan penumpukan energi yang tidak dapat disalurkan sehingga badan akan tetap terjaga meskipun otak sudah merasa lelah dan butuh istirahat.

Untuk mengatasi hal ini, tentu saja hanya dapat disembuhkan dengan merilekskan badan dengan cara berolahraga. Olahraga yang dilakukan sebaiknya pada pagi atau sore hari seperti jogging, senam, yoga, maupun bermain futsal, basket, ataupun mengikuti latihan bela diri.

Sangat tidak disarankan berolahraga hanya ketika mau tidur karena:

  • keringat yang dibawa tidur akan menyebabkan penyakit kulit seperti gatal dan panu.
  • mandi untuk menghilangkan keringat dikhawatirkan dapat membuat badan kembali terjaga sehingga kembali sulit tidur (disarankan mandi dilakukan beberapa jam sebelum tidur)

Itulah beberapa penyebab terjadinya insomnia dan cara sederhana mengatasinya. Semoga artikel ini membantu anda yang sedang mengalami masalah untuk tidur nyenyak.