Jangan pernah meragukan keampuhan tanaman-tanaman herbal yang tumbuh subur di Indonesia. Banyak sekali tanaman herbal yang secara medis terbukti membantu mengatasi insomnia.

4 Cara Mengatasi Insomnia agar Cepat Tidur dengan Bahan Herbal

Insomnia sendiri secara kasar berarti gangguan tidur di mana penderita tetap tidak dapat terlelap meskipun sudah sangat mengantuk. Sebenarnya ada banyak sekali bahan-bahan herbal alami yang dapat membantu mengatasi masalah insomnia bergantung pada penyebab insomnia, diantaranya:

1. Jika insomnia disebabkan stress

Gunakan herbal yang bersifat menenangkan dan relaksasi seperti:

  • Teh hijau hangat
  • segelas susu hangat
  • sesendok madu alam
  • aromatik ruangan seperti aroma mawar dan lavender

Selain itu, nasi juga dapat menghilangkan stress karena kandungan gula dalam nasi dapat menciptakan rasa nyaman dan enak saat makan. Karbohidrat pada nasi juga berperan sebagai zat yang dapat merangsang ngantuk sehingga kombinasi gula dan karbohidrat sebelum tidur dapat menjadi obat herbal alami yang efektik untuk mengatasi insomnia.

Namun perlu diingat walaupun tidak menyebabkan masalah medis, mengkonsumsi nasi pada malam hari dapat menyebabkan bertambahnya berat badan dan sangat tidak cocok untuk orang yang sedang diet.

2. Jika insomnia disebabkan adanya bau-bau tidak sedap

Seringkali suasana tidur harus terganggu adanya bau tidak sedap. Bau tidak sedap tersebut dapat diatasi dengan tanaman-tanaman herbal yang bersifat aromatik seperti:

Parfum mawar dalam ruangan

Aroma mawar adalah aroma yang relatif dapat diterima oleh seluruh jenis orang. Aroma mawar cukup kuat namun disukai dan bersifat menenangkan sehingga sangat cocok sebagai aromatik herbal bagi penderita insomnia.

Segelas rebusan daun sirih

Rebusan daun sirih dapat membantu mensterilkan bau-bau yang hinggap di hidung. Selain itu, rebusan daun sirih dipercaya dapat membantu mengatasi masalah insomnia dengan efektif.

Segelas rebusan akar teratai

Rebusan akar teratai dapat berperan sebagai obat tidur alami yang ampuh dan efektif. Karenanya, tidak peduli seberapa bau ruangan, rebusan teratai akan membantu penderita insomnia untuk tertidur dengan lelap dan nyaman.

3. Jika insomnia disebabkan adanya gangguan pada syaraf

Masalah pada syaraf sebaiknya segera diperiksakan pada dokter spesialis syaraf. Namun beberapa obat herbal dapat membantu memulihkan kondisi syaraf seperti:

Madu

Madu dikenal sebagai obat herbal yang baik untuk berbagai jenis penyakit.

Susu segar

Susu diakui meningkatkan metabolisme dan meregenerasi jaringan-jaringan tubuh yang rusak atau bermasalah.

4. Jika insomnia disebabkan gangguan seperti suara berisik, dan posisi tidur yang tak nyaman

Suara berisik dan posisi tidur yang tak nyaman seperti saat berada di dalam mobil atau kapal bukan halangan untuk dapat tidur dengan nyenyak. Beberapa makanan dan minuman herbal dapat membantu untuk tetap rileks saat tidur seperti:

  • madu
  • susu
  • teh hijau
  • rebusan daun putri malu

Untuk rebusan daun putri malu, terbukti sangat ampuh untuk memberikan efek rileks saat tidur. Namun karena tidak memungkinkan merebus saat berada di dalam mobil, sebaiknya air rebusan sudah dipersiapkan sebelumnya. Air rebusan daun putri malu dapat disimpan hinga 3 hari.

Itulah beberapa cara ampuh mengatasi insomnia menggunakan obat-obat an herbal. Namun walaupun merupakan obat herbal, efek samping penggunaan tetaplah ada. Oleh sebab itu sangat penting untuk menggunakan obat herbal sesuai dengan kebutuhan dan jangan sampai terlalu sering dikonsumsi karena dapat menyebabkan hal-hal seperti keracunan, gangguan syaraf, alergi, ketahanan terhadap obat (resistan), ataupun serangan jantung dan kematian.