Di zaman yang konon disebut zaman milenial ini, tekanan kerja dan jam belajar semakin tinggi. Tekanan tersebut tidak jarang dan pastinya akan menyebabkan banyak pikiran atau stress. Stress tersebut akan menimbulkan insomnia atau susah tidur.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur karena Banyak Pikiran atau Stress

Untuk mengatasi susah tidur ada banyak cara, namun cara mengatasinya akan dibagi menjadi 3 cara, yaitu:

  • Mengkonsumsi herbal yang dapat menyembuhkan insomnia
  • Melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan gejala insomnia
  • Menghindari hal-hal penyebab insomnia

1. Obat Herbal untuk Insomnia karena Stress

Banyak tanaman herbal yang dapat mengurangi atau menghilangkan stress baik sebagai obat, aromaterapi, maupun sebagai makanan dan minuman sehari-hari.

Beberapa tanaman herbal yang dapat menghilangkan stress diantaranya adalah:

  • Kangkung
    kangkung dikenal sebagai sub tanaman ganja di negara-negara maju seperti Amerika dan Inggris. Namun di Indonesia, kangkung adalah sayuran yang umum dikonsumsi karena kelezatannya. Kangkung sendiri memiliki efek sedatif atau menenangkan pikiran dan merangsang rasa ngantuk sehingga sangat baik untuk mengatasi masalah susah tidur akibat stress.
  • Parfum aroma lavender
    Wangi bunga lavender memberikan ketenangan pikiran. Selain itu, aroma lavender mengandung zat yang membantu syaraf untuk lebih rileks sehingga dapat tidur dengan lebih nyenyak.
  • Bawang putih
    Bawang putih mampu memberikan rasa nyaman saat tertidur sehingga siapapun dapat tidur dengan nyaman dan lelap. Namun penggunaan bawang putih harus memperhatikan orang di sekitar karena bau bawang putih dapat mengganggu orang lain yang juga sedang berusaha untuk tidur.

2. Kegiatan yang Menghilangkan Stress Penyebab Insomnia

Banyak kegiatan yang dapat menghilangkan stress. Beberapa di antaranya adalah:

Berolahraga

Berolahraga dapat membantu menghilangkan insomnia yang diakibatkan stress, tekanan darah yang naik, dan gangguan syaraf.

Berolahraga adalah cara terbaik menghilangkan insomnia tanpa perlu mengkonsumsi makanan tertentu. Selain itu berolahraga juga membantu mencegah terjadinya serangan jantung dan membentuk tubuh.

Berdoa atau Beribadah

Dengan berserah kepada TUHAN, pikiran akan jadi jauh lebih rileks dan nyaman. Hal ini tentu akan membantu menghilangkan stress, tekanan batin, dan rasa khawatir yang menjadi penyebab mendasar terjadinya susah tidur atau insomnia.

Berlibur dan Mencari Tempat yang Nyaman dan Hening

Banyak tempat yang memberikan fasilitas ruangan yang nyaman dan bebas gangguan. Di tempat seperti itu, stress akan jauh lebih berkurang dan insomnia akan menghilang. Namun harus ditekankan untuk tidak membawa pekerjaan, atau masalah pribadi saat berlibur yang dapat mengalihkan tujuan utama berlibur.

Yoga

Yoga atau senam dapat menenangkan pikiran sehingga pikiran dapat lebih ringan, rileks, dan tanpa tekanan. Selain itu, gerakan-gerakan pada yoga membantu melancarkan peredaran darah dan syaraf. Semua hal itu menjadikan yoga salah satu alternatif kegiatan yang memiliki manfaat untuk mengatasi insomnia.

3. Hindari Berbagai Penyebab Stress dan Insomnia

Banyak kegiatan yang justru dapat menyebabkan stress dan insomnia. Oleh sebab itu, kegiatan berikut harus dihindari:

Mengkonsumsi minuman beralkohol

Dengan tujuan menghilangkan stress, banyak orang mengkonsumsi alkohol sebelum tidur. Namun sebenarnya alkohol dapat menyebabkan insomnia karena:

  • Alkohol dapat merusak syaraf yang merangsang tubuh untuk tidur
  • Tidur terganggu sebab konsumsi alkohol menyebabkan ingin buang air saat sedang tidur

Itulah 3 cara mengatasi sulit tidur yang diakibatkan rasa stress atau banyak pikiran. Semoga artikel ini dapat membantu anda yang sedang mencari cara untuk menghilangkan stress dan insomnia.