Susah tidur atau insomnia terjadi karena berbagai sebab. Ada yang disebabkan stress, gangguan pada sistem syaraf, efek penggunaan obat-obat an, maupun sebab-sebab lain yang secara medis belum dapat dijelaskan dengan baik.

3 Cara Mengatasi Susah Tidur atau Insomnia secara Tradisional

Apapun penyebab insomnia, ada beberapa solusi diketahui cukup ampuh untuk mengatasi insomnia. Solusi tersebut dibagi menjadi 5 yaitu:

  1. Solusi dengan penggunaan obat-obat an modern
  2. Solusi dengan penggunaan obat-obat an tradisional
  3. Solusi dengan mengkonsumsi makanan
  4. Solusi dengan mengkonsumsi minuman tertentu
  5. Solusi dengan melakukan “senam” tidur

Apapun pilihan solusinya, insomnia hanya dapat diatasi dan disembuhkan jika dilakukan secara rutin, tepat dan dilakukan dengan cara-cara yang aman.

Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar dan memiliki sejarah dan budaya yang panjang memiliki beberapa cara tradisional untuk mengatasi masalah insomnia. Diantaranya adalah:

1. Membuat Obat Tidur Herbal

Ternyata obat tidur yang ampuh tidak harus dibeli di apotik. Nenek moyang Indonesia sejak zaman dahulu sudah mengenal insomnia dan memilliki cara mengatasinya yaitu dengan menyeduh tanaman-tanaman herbal seperti:

a. Daun Putri Malu

Putri malu mengandung melatonin yang bersifat sedatif atau menimbulkan rasa tenang pada syaraf. Efektifitas putri malu sangatlah baik sehingga tidak disarankan untuk digunakan dalam jumlah yang terlalu banyak karena dapat menimbulkan efek seperti tidur kebablasan, dan keracunan.

Daun putri malu tidak disarankan dikonsumsi oleh ibu hamil karena dapat mengganggu kesehatan janin.

Untuk membuat obat tidur dengan bahan daun putri malu tidaklah terlalu sulit:

  • siapkan daun putri malu sekitar 30 gram
  • rebus daun putri malu ke dalam 2 gelas air
  • rebus dalam api sedang hingga air tersisa sekitar 1 gelas
  • saring air dari daun putri malu
  • minum segelas air tersebut hingga habis kira-kira setengah jam sebelum tidur.

b. Kulit Manggis

Kulit manggis ternyata tidak hanya membantu merawat kulit namun juga membantu merangsang tubuh untuk cepat tidur dan terlelap. Cara penggunaan kulit manggis dapat ditumbuk hingga halus dan dicampurkan dengan tepung makanan untuk menggoreng pisang atau ikan.

2. Melakukan Olahraga

Agar dapat tidur dengan nyenyak, nenek moyang bangsa Indonesia akan merileks kan badannya dengan cara melakukan olahraga ringan beberapa jam sebelum tidur atau dengan kata lain berolahraga saat sore hari. Olahraga yang dapat dilakukan sore hari di zaman sekarang di antaranya:

  • jalan-jalan sore atau bersepeda mengeliling komplek perumahan
  • bermain futsal atau basket
  • jogging
  • mengikuti les bela diri maupun les renang

3. Menghindari Mengkonsumsi Makanan Tertentu Sebelum Tidur

Salah satu penyebab sulit tidur adalah karena ada makanan yang dikonsumsi padahal makanan tersebut sangat tidak cocok untuk dikonsumsi sebelum tidur. Orang-orang zaman dahulu sudah tahu hal ini sehingga agar dapat tidur dengan nyenyak mereka sangat melarang mengkonsumsi makanan seperti:

a. Kopi dan Teh serta minuman lain yang mengandung kafein

Kopi dan teh mengandung kafein yang dapat memaksa tubuh untuk tetap terjaga. Oleh sebab itu, cara paling mudah agar dapat tertidur dengan nyenyak adalah dengan menghindari kafein. Selain kafein, kandungan gula dan taurin pada minuman berenergi modern sangat tidak baik bagi kepulasan tidur.

b. Memakan makanan dan minuman apapun dalam jumlah berlebihan

Mengkonsumsi makanan dan minuman secara berlebihan akan membuat tubuh menjadi kurang nyaman sehingga tidur akan terganggu ketika sedang tidur tiba-tiba ingin ke kamar kecil.