Insomnia, adalah suatu gangguan tidur dimana si penderita mengalami kesulitan untuk memulai dan mempertahankan jam tidur normal yang menyebabkan si penderita mengalami kualitas tidur yang buruk. Insomnia sendiri bukanlah penyakit melainkan suatu gejala dari kelainan yang dialami oleh tubuh sehingga otak sulit mereaksi keinginan tubuh untuk berisitirahat.

10 Cara Tidur Nyenyak dalam Waktu Singkat untuk Penderita Insomnia Akut

Secara keseluruhan insomnia dibagi menjadi 3 macam yang pertama Insomnia Temporer, lalu Insomnia Akut dan yang terakhir Insomnia Kronis. Yang saya akan bahas kali adalah Insomnia yang sangat umum dialami oleh kebanyakan orang yaitu Insomnia Akut, Insomnia Akut sendiri adalah jenis Insomnia yang hanya terjadi kurang dari satu bulan, insomnia ini biasanya ditandai dengan kesulitan untuk tertidur meskipun tubuh sudah sangat lelah, atau juga ketika kita sering terbangun di tengah malam dan tak bisa tidur kembali.

Ada beberapa faktor penyebab insomnia jeenis ini dan secara garis besar dibagi menjadi 3 faktor yaitu Faktor Biologis, Faktor Psikologis, dan Faktor Lingkungan.

Faktor Biologis, yang termasuk ke dalam faktor ini diantaranya:

  • Terlalu sering mengonsumsi Alkohol, dan Kafein
  • Masalah genetis (bawaan lahir)
  • Faktor usia, sebab menurut para ahli ketika seseorang mulai berumur ia akan mudah untuk mengalami insomnia
  • Mabuk udara (Jet lag)
  • Terkena Stroke atau Alzheimer
  • Dan Hormon yang dihasilkan wanita hamil atau menstruasi.

Faltor Psikologis, yang termasuk ke dalam faktor ini diantaranya:

  • Merasa Cemas, Takut, Paranoid
  • Adanya gangguan mental seperti Bipolar, Skizofrenia dan lain lain
  • Ketakutan akan Mengalami gangguan tidur seperti Mimpi buruk, Sleep paralys, ataupun Sleep walking
  • Tekanan karena urusan kantor atau sekolah
  • Rasa Khawatir, Stres, dan Depresi.

Faktor Lingkungan, yang ke termasuk dalam faktor ini diantaranya:

  • Biasa Bekerja sif malam
  • Lingkungan sekitar yang bising
  • Kamar yang kotor dan berantakan
  • Ruang tidur yang kurang nyaman

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab Insomnia anda juga harus mengetahui gejala gejala insomnia yang diantaranya adalah :

  1. Kesulitan untuk terpejam meskipun sudah sangat merasa kelelahan
  2. Tidak merasakan kesegaran saat bangun tidur
  3. Tubuh mudah lelah pada siang hari
  4. Mudah Emosi
  5. Mata Terlihat Merah
  6. Kepala terasa Pusing
  7. Mata Terasa Perih
  8. Sulit berkonsentrasi
  9. Mudah merasa ngantuk
  10. Kepala sering pusing di pagi hari.

Bagi anda penderita Insomnia Akut jangan khawatir karena ada banyak cara untuk membuat anda masih bisa tertidur saat malam dengan nyenyak, beberapa diantaranya akan saya Jelaskan di bawah ini :

1. Merilekskan tubuh dan Pikiran sebelum tidur

Pikiran dan tubuh yang rileks adalah kunci untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik, satu jam sebelum pergi tidur buatlah tubuh dan pikiran anda tenang dengan menghentikan segala kegitan yang bisa membuat tubuh dan pikiran bekerja keras, duduklah bersantai di atas kasur atau di kursi santai, bila perlu mandi juga karena mandi juga bisa menghilangkan stress dan membuat tubuh segar. Jika tubuh dan pikiran sudah rileks akan sangat mudah bagi mata untuk terpejam.

2. Berhenti Memainkan gadget dan TV

Cahaya yang dipancarkan oleh TV dan gadget akan berpengaruh pada kemampuan otak untuk memproduksi hormone melatonin, sehingga tubuh sulit mengantuk. Selain itu Tv dan Gadget juga biasanya membuat perhatian kita terpusat pada konten konten hiburan di dalamnya sehingga lupa bahwa sudah saatnya tertidur. Bahkan belakangan ini anak anak dan remaja yang mengalami Insomnia Akut disebabkan oleh penggunaan gadget dan TV yang berlebihan.

3. Mematikan Lampu

Suasana gelap akan membuat otak berfikir bahwa sudah tidak ada lagi aktifitas yang harus dilakukan, sehingga dengan sendirinya akan mengeluarkan hormone melatonin dan membuat anda cepat untuk tertidur. Namun bagi anda yang takut atau tidak suka dengan kegelapan anda bisa gunakan lampu tidur dengan cahaya yang temaram agar suasana tetap nyaman.

4. Bersihkan dan Rapihkan Tempat Tidur

Sebelum anda tidur pastikan kondisi tempat tidur anda sudah bersih dan rapih, karena kondisi tempat tidur yang rapih dan bersih akan membuat anda merasa nyaman dan mudah untuk tertidur. Bersihkan kasur dari debu halus karena seringkali kita merasa terganggu oleh debu debu halus yang menempel pada kasur dan membuat sulit untuk tertidur.

5. Menggunakan Penutup Mata

Penutup mata berfungsi untuk memastikan jika sudah benar benar tidak ada cahaya yang masuk ke mata sehingga akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormone melatonin. Cara ini terbukti ampuh untuk banyak orang yang mengalami kesulitan untuk tidur.

6. Melakukan Sedikit Gerakan Peregangan.

Melakukan gerakan peregangan sebelum tidur dapat membantu membuat rileks otot otot yang tegang setelah seharian bekerja, lakukan gerakan peregangan 10-15 menit agar anda bisa tertidur dengan cepat.

7. Mengatur Kondisi Kamar

Kondisi Kamar sangat berpengaruh juga untuk kualitas tidur seseorang, selain menjaganya tetap bersih anda juga harus mengatur suhu ruangan dan kebisingan di dalam kamar anda. Buat suhu kamar sejuk agar otak dapat rileks lalu matikan segala sesuatu yang bisa mengeluarkan suara karena seringkali kita terbangun oleh suara jam, kipas angin, Ac, ataupun ponsel. Jika anda masih merasa terganggu dengan suara suara di luar kamar, anda bisa menggunakan ear plug.

8. Melakukan Terapi Tekanan pada Telapak Kaki

Di dalam telapak kaki terdapat saraf saraf yang terhubung langsung ke otak sehingga melakukan sedikit tekanan pada telapak kaki dapat membuat otak terasa rileks. Caranya anda bisa berjalan jalan sekitar kamar atau memijatnya sendiri sekitar 5-10 menit sebelum tidur.

9. Minum Susu dan Sedikit Camilan

Susu hangat dapat membantu kita menenangkan tubuh dan pikiran, dibantu dengan sedikit makanan riingan akan membantu perut kita tetap terisi sehingga mengurangi kemungkinan terbangun tengah malam karena lapar.

10. Berwudhu dan Sholat

Saat berwudhu tubuh akan merasa segar dan nyaman lalu sholat dapat membantu pikiran anda lebih rileks dan tenang sehingga kombinasi ini dapat membantu kita untuk cepat tidur. Selain itu berwudhu dan sholat merupakan anjuran Nabi Muhammad SAW. Jadi sangat patut kita lakukan.

Selain dengan cara cara di atas anda juga bisa mengatasi Insomnia Akut dengan beberapa cara berikut ini:

  • Relaksasi
  • Pijat Akupuntur
  • Berolahraga
  • Melakukan Seks sebelum tidur
  • Mengonsumsi makanan yang membuat otak mudah memproduksi melatonin
  • Tidur dengan posisi yang nyaman
  • Hindari tidur siang selama mengalami Insomnia Akut.

Demikian Ulasan Saya mengenai cara cepat untuk tidur nyenyak bagi para pengidap Insomnia Akut, jangan ragu juga untuk berkonsultasi ke dokter jika belum lekas sembuh. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.