Insomia adalah suatu gangguan yang dialami seseorang saat hendak pergi tidur, biasanya orang yang mengalami insomnia hanya akan berbaring dengan keadaan terjaga sepanjang malam. Insomnia walaupun bukan suatu penyakit namun dapat memicu timbulnya beberapa penyakit karena insomnia membuat seseorang kekurangan waktu tidur, dan saat seseorang tidak memiliki waktu tidur yang cukup itu akan membuat tubuh mudah lelah serta fikiran tidak fokus sehingga membuat kesehatan juga bisa terganggu dan memicu munculnya beberapa penyakit.

10 Cara Agar bisa Tidur Malam Nyenyak saat Insomnia

Gejala awal penderita Insomnia biasanya terasa pusing, sakit di sekitar leher dan perubahan emosi yang ekstrim (moodswing) seperti mudah emosi, sedih dan lain lain. Secara umum Insomnia dibagi menjadi dua yaitu Insomnia akut dan Insomnia Kronis.

Insomnia Akut

Biasanya Insomnia ini disebabkan oleh tingkat stress yang tinggi sehingga membuat tubuh sulit tertidur pada malam hari. Insomnia akut biasanya hanya berlangsung selama berminggu minggu dengan frekuensi yang tidak terlalu sering.

Insomnia Kronis

Penyebab Insomnia ini biasanya berupa penyakit serius seperti Kanker, Ginjal, Diabetes dan sebagainya sehingga membuat si pebderita sulit tidur. Insomnia ini sangat berbahaya dan harus segera disembuhkan karena insomnia jenis ini bisa berlangsung selama berbulan bulan.

Bagi anda penderita insomnia akut karena ada banyak cara untuk mengatasi insomnia anda dengan mudah, dibawah ini saya akan menjelaskan beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan insomnia akut.

1. Kurangi Alkohol, Kafein, dan Nikotin

Bagi anda penyuka kopi mungkin anda harus mengurangi kebiasaan anda minum kopi karena kopi mengandung kafein dan membuat anda sulit tertidur. Selain kopi alcohol dan nikotin juga bisa membuat anda sulit tertidur untuk itu jauhi hal hal tersebut agar bisa membuat anda sembuh dari insomnia.

2. Tidur Lebih Awal

Anda bisa tidur lebih awal untuk mengatur ulang pola tidur anda, namun terkadang untuk orang jaman sekarang yang memiliki mobilitas tinggi mungkin sangat sulit untuk tidur lebih awal karena harus mengerjakan laporan atau lembur di kantor. Namun jika anda ingin mencobanya anda bisa ijin kepada atasan untuk pulang lebih awal dan beristirahat juga lebih awal.

3. Mengurangi Cahaya

Suasana gelap akan merangsang otak untuk mengeluarkan hormon melatonin yaitu hormon yang membuat kita merasa kantuk, oleh sebab itu mematikan lampu saat pergi tidur dapat membantu anda mengurangi resiko insomnia. Namun bagi anda yang tidak suka gelap anda bisa gunakan lampu tidur dengan cahaya yang temaram.

4. Jangan Sering melihat kea rah Jam

Terlalu sering menatap jam akan menimbulkan rasa cemas karena merasa sudah jam sekian tapi tubuh belum juga tertidur, sehingga otak sulit mengeluarkan hormone melatonin. Rileks dan tetap tenang akan membantu anda cepat terpejam.

5. Menetralisir Suara

Hilangkan segala benda yang bisa mengeluarkan suara bising dari sekitar anda saat hendak pergi tidur jika masih kurang anda bisa menggunakan penutup telinga supaya benar benar tidak ada suara terdengar sehingga otak bisa terkonsen untuk mengeluarkan rasa kantuk.

6. Berkhayal

Pikirkan sesuatu yang bisa membuat anda senang contohnya liburan, naik gaji, bertemu orang yang anda sukai atau berkhayal anda menjadi seseorang yang penting bisa membuat otak dan tubuh lebih rileks dan cepat mengantuk.

7. Membasuh Muka dan Kaki

Membersihkan muka dan kaki dapat membuat tubuh terasa lebih bersih sehingga akan terasa lebih nyaman saat berada di atas tempat tidur.

8. Posisi Tidur yang Nyaman

Posisi tidur yang benar akan mempengaruhi sulit atau tidaknya kita tertidur, seringkali kita terbangun di tengah malam karena posisi tidur yang salah dan membuat leher terasa sakit. Posisi tidur yang benar adalah tubuh menghadap kea rah kanan, selain berupa anjuran Nabi tidur dengan posisi ini juga mempunyai segudang manfaat menurut para peneliti.

9. Olahraga Rutin

Olahraga rutin juga bisa membuat kita terhindar dari resiko insomnia, karena berolahraga akan menambah jam aktifitas otomatis akan membuat tubuh butuh lebih banyak jam istirahat pula. Selain itu kondisi tubuh yang lelah sehabis olahraga juga bisa memuat lebih cepat mengantuk.

10. Perbanyak Ibadah

Memperbanyak ibadah aka membuat pikiran tenang, karena segala hal yang berhubungan dengan religi akan membuat jiwa raga seseorang lebih santai dan rileks sehingga dapat membantu menyembuhkan insomnia.

Demikian beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengurangi insomnia, jika cara cara di atas belum berhasil anda juga bisa meminum obat tidur dengan anjuran dan resep dokter tentunya supaya usaha anda untuk menghilangkan insomnia lebih maksimal. Semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.